5 Tips Menaikkan Battery Health dan Merawat Baterai iPhone Agar Lebih Tahan Lama

Ditulis oleh Sandy Riadi

Web Developer & Konten Kreator di Indonesia

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Masalah yang sering dihadapi para pengguna adalah menurunnya battery health seiring dengan lamanya penggunaan iPhone. Namun, dengan pemahaman yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur iPhone Anda dan meningkatkan performa perangkat Anda secara keseluruhan.

Menjaga kualitas baterai iPhone telah menjadi prioritas bagi pengguna yang ingin memaksimalkan penggunaan perangkat mereka sepanjang hari. Apalagi saat ini kita tidak lepas dari penggunaan setiap harinya, baik untuk bekerja atau sebagai hiburan seperti main game di 12bet.

Berbagai faktor seperti penggunaan yang intens, siklus pengisian daya yang tidak tepat, dan suhu lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan baterai iPhone secara signifikan. Coba simak beberapa tips berikut ini yang dapat meningkatkan battery health iPhone dan membuat baterai iPhone Anda lebih tahan lama.

Dari Editor: AC10 Tech selalu berusaha memberikan informasi terbaru dan bermanfaat untuk pembaca. Kami bersemangat dalam bidang ini. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.

1. Hindari suhu ekstrem

Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kesehatan baterai iPhone Anda adalah suhu lingkungan. Suhu yang ekstrim, baik terlalu panas atau terlalu dingin, dapat menyebabkan kerusakan pada baterai, mengurangi umur pakai dan performa perangkat secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari meninggalkan iPhone Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang sangat dingin, seperti dalam mobil pada hari yang panas atau di tempat dengan suhu yang sangat dingin.

2. Hindari mengisi daya berlebihan

Mengisi daya berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan baterai dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk tidak membiarkan iPhone Anda terus terhubung ke charger setelah mencapai level penuh, bahkan jika ada fitur otomatis untuk mencegah overcharging.

Menyimpan iPhone terhubung ke charger terlalu lama tidak hanya bisa mempengaruhi Battery Health, tetapi juga dapat mengurangi umur baterai secara keseluruhan. Sebaiknya lepaskan iPhone dari charger begitu mencapai level baterai yang cukup untuk kebutuhan penggunaan Anda selama beberapa waktu ke depan.

3. Menyesuaikan tingkat kecerahan layar untuk menghemat baterai

Layar merupakan salah satu komponen utama yang memerlukan konsumsi daya baterai yang signifikan pada iPhone. Mengurangi tingkat kecerahan layar dapat menjadi strategi efektif untuk menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda.

Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis atau secara manual, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunaan Anda. Pengaturan otomatis biasanya memanfaatkan sensor cahaya di iPhone untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara dinamis sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitarnya.

4. Menggunakan charger original

Menggunakan charger yang tidak asli atau tidak memiliki sertifikasi resmi dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan berpotensi mengurangi kualitas Battery Health perangkat Anda.

Penting untuk memahami bahwa charger yang tidak resmi mungkin tidak dirancang dengan standar kualitas yang sama dengan charger yang disediakan oleh produsen resmi. Hal ini dapat mengakibatkan arus yang tidak stabil atau tegangan yang tidak sesuai, yang pada gilirannya dapat merusak sel-sel baterai dan mengurangi kinerja baterai secara keseluruhan.

5. Gunakan fitur sesuai kebutuhan

Beberapa fitur yang umum digunakan seperti , Wifi, GPS, dan notifikasi push memiliki potensi untuk menghabiskan daya baterai dengan cepat saat aktif. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa fitur-fitur tersebut dimatikan ketika tidak sedang digunakan, agar tidak membebani daya baterai secara tidak perlu.

Selain mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan secara langsung, langkah lain yang bisa dilakukan adalah meninjau yang berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi mungkin terus berjalan secara otomatis bahkan setelah Anda selesai menggunakannya, yang dapat menguras daya baterai tanpa disadari.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Tinggalkan komentar