Cara Membuat Voucher WiFi Tanpa Mikrotik UserMan 2024

Ditulis oleh Sandy Riadi

Web Developer & Konten Kreator di Indonesia

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Cara Membuat WiFi Tanpa Mikrotik UserMan – Apa kamu saat ini sedang mengalami tidak bisa install atau kamu tidak support UserMan karena spesifikasinya yang kurang mumpuni?

Jika kamu mengalami hal tersebut, maka kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena saya akan membahas cara Membuat Voucher WiFi Tanpa Mikrotik UserMan.

Bagi kamu yang belum tau apa itu UserMan, UserMan adalah radius server yang digunakan pada fitur di mikrotik untuk memproses authetifikasi pada user yang akan menggunakan hotspot.

Saat user akan menghubungkan ke hotspot, maka user akan diverifikasi dahylu oleh radius server dan disocokan dengan username dan password yang dimasukan oleh user.

Namun, jika kamu tidak bisa install UserMan, maka kamu menggunakan   tambahan bernama Mikhmon.

Lihat juga Cara Membatasi Kecepatan Hotspot dgn APK Pembatas Hotspot

Mikhmon adalah aplikasi yang berbeda dengan UserMan, Mikhmon bukan radius server seperti UserMan dimana Mikhmon hanya aplikasi yang fungsinya untuk mempermudah mengelola userlist, profile hotspot dan juga ada fitur lainnya.

Di bawah ini cara Membuat Voucher WiFi Tanpa Mikrotik UserMan dengan mudah.

Dari Editor: AC10 Tech selalu berusaha memberikan informasi terbaru dan bermanfaat untuk pembaca. Kami bersemangat dalam bidang ini. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.

Cara Membuat Voucher WiFi Tanpa Mikrotik UserMan

Cara Membuat Voucher WiFi Tanpa Mikrotik
Cara Membuat Voucher WiFi Tanpa Mikrotik

1. Pertama, kamu bisa update mikrotik kamu agar kamu bisa lebih aman dengan fitur barunya.

Download Mikhmon

2. Lalu, kamu aktifkan API mikrotiknya karena aplikasi Mikhmon akan menggunakan API mikrotik untuk melakukan setting pada userlist hotspot mikrotik.

3. Kemudian, atur hotspot mikrotik dengan membuat konfigurasi seperti topologi atau lainnya.

4. Jika sudah, selanjutnya kamu siapkan alokasi IP untuk client hotspot dengan memasang IP pada router kamu pada interface Ethernet port 2 yang akan digunakan nantinya.

5. Jika IP hotspot kamu sudah dipasang pada Ethernet port 2, maka kamu bisa aktifkan fitur hotspot mikrotik.

6. Bypass authetifikasi hotspot kamu untuk Wireless AP, karena perangkat AP yang tidak punya web browser tidak bisa memproses authentifikasi.

7. Setting wireless access point yang nantinya akan dijadikan access point untuk memancarkan sinyal WiFi dan merubah pada daerah sekitar AP menjadi area hotspot.

8. Lalu, kamu bisa download dahulu aplikasi Mikhmon dahulu dan install aplikasi tersebut supaya nantinya dalam mengatur harga, paket, limit dan lainnya bisa lebih mudah.

Cara Membuat Voucher WiFi Tanpa Mikrotik
Cara Membuat Voucher WiFi Tanpa Mikrotik

9. Langkah berikutnya, kamu perlu membuat voucher WiFi hotspot kamu yang akan digunakan untuk memanage pengguna hotspot kamu.

10. Seting aplikasi Mikhmon kamu dengan mengubah kata sandi, membuat nama session, mengisikan nama DNS dan lainnta.

11. Jika kamu ingin mengatur limit upload/download dan nama, maka kamu bisa mengaturnya pada menu user profile di aplikasi Mikhmon.

12. Sekarang saatnya kamu membuat voucher menentukan jenis quota yang akan dipakai, seperti time limit aray data limit.

13. Jika voucher sudah kamu buat, maka sekarang kamu bisa cetak voucher tersebut dan voucher tersebut sudah bisa digunakan.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan untuk buat voucher WiFi tanpa UserMan?

Lihat juga Cara Bobol WiFi Voucher, Kode Voucher WiFi Gratis

Demikian bahasan saya mengenai cara membuat voucher hotspot tanpa UserMan dengan cara yang mudah dan tanpa ribet.

Semoga cara di atas bisa bermanfaat dan menjadi solusi untuk kamu yang ingin membuat voucher WiFi, tetapi tidak bisa install UserMan di komputer atau laptop kamu. Terima kasih.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Tinggalkan komentar