Cara Melaporkan Akun Instagram yang Diretas

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Kenapa Akun Bisa Diretas? Akun Instagram yang diretas menjadi masalah yang semakin sering terjadi di era digital ini. Alasan di balik peretasan akun Instagram bisa beragam, namun beberapa penyebab umum dapat diidentifikasi.

Salah satu metode yang paling sering digunakan oleh peretas adalah phishing. Melalui phishing, peretas mencoba memperoleh informasi sensitif seperti kata sandi atau detail login dengan menyamar sebagai entitas terpercaya.

Pengguna yang tidak waspada sering kali terjebak oleh atau pesan palsu yang tampak sah, akhirnya memberikan akses ke akun mereka tanpa disadari.

Selain phishing, penggunaan kata sandi yang lemah juga menjadi celah yang dimanfaatkan oleh peretas. Kata sandi yang mudah ditebak atau sering digunakan pada berbagai platform membuat akun lebih rentan.

Peretas dapat dengan mudah menebak atau menggunakan alat otomatis untuk mencoba berbagai kombinasi kata sandi umum hingga menemukan yang benar.

Oleh karenanya penting sekali bagi pengguna untuk membuat kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun mereka.

Pelanggaran data yang lebih besar juga bisa menjadi faktor penyebab akun Instagram diretas. Ketika sebuah platform besar mengalami kebocoran data, informasi login dari akun yang terdaftar dapat jatuh ke tangan yang salah.

Peretas kemudian menggunakan informasi ini untuk mencoba mengakses akun di platform lain, termasuk Instagram, terutama jika pengguna menggunakan kata sandi yang sama di berbagai situs.

Dampak dari akun yang diretas tidak bisa dianggap sepele. Dari sisi privasi, informasi pribadi pengguna bisa disalahgunakan, mulai dari foto, pesan pribadi, hingga data kontak.

Kerugian finansial juga mungkin terjadi jika akun yang diretas digunakan untuk kegiatan penipuan atau pencurian identitas.

Reputasi pengguna juga bisa terganggu, terutama jika peretas menggunakan akun tersebut untuk menyebarkan informasi yang tidak benar atau merusak citra pengguna.

Shopee Promo Ads

Langkah Awal yang Harus Dilakukan Ketika Akun Diretas

Cara Melaporkan Akun Instagram yang Diretas

Begitu Anda menyadari bahwa akun Instagram Anda telah diretas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan segera mengambil tindakan untuk memulihkan akses.

Langkah awal yang bisa Anda coba adalah menggunakan fitur ‘Lupa Kata Sandi‘. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mereset kata sandi melalui email atau nomor telepon yang terdaftar.

Untuk melakukannya, buka Instagram, pilih opsi ‘Lupa Kata Sandi‘, dan ikuti instruksi yang diberikan.

Jika langkah tersebut tidak berhasil dan Anda masih tidak bisa mengakses akun Anda, langkah selanjutnya adalah menghubungi pusat bantuan Instagram.

Baca Juga Cara Kembalikan Akun IG yang Dihack dan Email Diganti

Anda dapat melaporkan bahwa akun Anda telah diretas melalui halaman bantuan Instagram dan mengikuti prosedur yang diberikan.

Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan lengkap untuk mempercepat proses verifikasi dan pemulihan akun.

Sangat penting juga untuk segera mengamankan akun email yang terhubung dengan akun Instagram Anda.

Periksa apakah ada aktivitas mencurigakan pada akun email tersebut dan ubah kata sandinya menjadi sesuatu yang lebih kuat dan unik.

Pengamanan ini akan membantu mencegah peretas mengakses kembali akun Instagram Anda melalui email.

Mengaktifkan autentikasi dua faktor (Two-Factor Authentication) juga sangat disarankan.

Fitur ini menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan mengharuskan verifikasi melalui perangkat kedua setiap kali ada upaya login dari perangkat atau lokasi yang tidak dikenali.

Dengan demikian, meskipun peretas berhasil mendapatkan kata sandi Anda, mereka akan kesulitan untuk mengakses akun tanpa melalui verifikasi tambahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan peluang untuk memulihkan akses ke akun Instagram Anda dan mencegah peretasan lebih lanjut.

Kecepatan dan ketepatan tindakan sangat penting dalam situasi ini untuk memastikan keamanan akun Anda.

Baca Juga Cara Mengembalikan IG yang Lupa Password Email dan No Telpon

Cara Melaporkan Akun yang Diretas ke Instagram

Melaporkan akun Instagram yang diretas adalah langkah penting untuk mendapatkan kembali kendali atas akun tersebut. Proses ini dimulai dengan mengakses formulir pelaporan yang tersedia di situs resmi Instagram.

Langkah pertama adalah membuka situs Instagram Help Center. Di sana, pengguna akan menemukan berbagai pilihan bantuan, termasuk opsi untuk melaporkan akun yang diretas.

Setelah menemukan bagian pelaporan, pengguna harus mengisi formulir dengan informasi yang akurat. Informasi yang perlu disertakan dalam laporan meliputi alamat email yang terkait dengan akun, username Instagram, dan deskripsi singkat tentang situasi yang dihadapi.

Penting untuk menjelaskan kapan peretasan terjadi dan bagaimana pengguna menyadari bahwa akunnya telah diretas.

Instagram mungkin memerlukan bukti tambahan untuk memvalidasi klaim peretasan. Bukti ini bisa meliputi tangkapan layar (screenshot) dari pesan yang mencurigakan, email notifikasi tentang perubahan yang tidak sah, atau informasi lain yang dapat mendukung klaim.

Semakin lengkap dan jelas informasi yang diberikan, semakin cepat proses verifikasi dan pemulihan akun dapat dilakukan.

Setelah laporan diajukan, pengguna biasanya akan menerima email dari Instagram yang memberikan instruksi lebih lanjut.

Waktu respon dari pihak Instagram dapat bervariasi, tetapi umumnya pengguna dapat mengharapkan balasan dalam beberapa hari kerja.

Jika laporan terbukti valid, Instagram akan membantu mengembalikan akses ke akun dan memberikan langkah-langkah tambahan untuk menjaga keamanan akun di masa depan.

Proses melaporkan akun Instagram yang diretas memang memerlukan ketelitian dan kesabaran

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan menyediakan informasi yang diperlukan, pengguna memiliki peluang besar untuk mendapatkan kembali kendali atas akun mereka.

Tips Mencegah Akun Instagram dari Peretasan

Memastikan keamanan akun Instagram Anda adalah langkah penting untuk melindungi informasi pribadi dan mencegah peretasan.

Salah satu cara utama adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik. Kata sandi yang baik sebaiknya terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Hindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan.

Juga mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) dapat memberikan lapisan keamanan tambahan. Dengan 2FA, Anda akan memerlukan kode verifikasi selain kata sandi untuk masuk ke akun Anda.

Kode ini biasanya dikirim melalui atau aplikasi autentikasi, sehingga menyulitkan peretas yang hanya memiliki kata sandi Anda.

Penting juga untuk selalu waspada terhadap tanda-tanda phishing. Phishing adalah metode di mana peretas mencoba mendapatkan informasi pribadi Anda dengan berpura-pura menjadi entitas yang terpercaya.

Hindari mengklik tautan mencurigakan, dan jangan pernah memberikan informasi sensitif melalui email atau pesan langsung.

Menjaga perangkat lunak dan aplikasi Anda tetap terupdate adalah langkah lain yang tidak kalah penting.

Pembaruan perangkat lunak biasanya mencakup perbaikan keamanan yang dirancang untuk melindungi dari ancaman terbaru.

Pastikan Anda selalu mengunduh pembaruan sistem operasi dan aplikasi dari sumber resmi.

Selain langkah-langkah tersebut, ada beberapa tambahan yang bisa membantu menjaga informasi pribadi Anda tetap aman di dunia maya.

Jangan membagikan informasi pribadi seperti alamat rumah atau nomor telepon di media sosial. Gunakan pengaturan privasi untuk membatasi siapa saja yang bisa melihat postingan dan informasi Anda.

Terakhir, jangan menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman untuk mengakses akun Instagram Anda, karena ini bisa memudahkan peretas untuk mencuri informasi Anda.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi