Cara Melihat Aplikasi yang Pernah Di Download di Play Store / App Store

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Penasaran bagaimana cara melihat yang pernah di di atau App Store? Baca tutorial lengkapnya di sini dan temukan semua aplikasi yang pernah kamu download dengan mudah.

Pernahkah kamu merasa ingin mencari kembali aplikasi yang pernah di download di HP, tetapi lupa nama atau detailnya? Mungkin kamu ingin mengingat kembali aplikasi keren yang pernah kamu pakai, atau sekadar memastikan bahwa kamu tidak mengunduh ulang aplikasi yang sudah pernah kamu coba dan tidak suka.

Jangan khawatir lagi karena kami di AC10 Tech akan memberikan tutor lengkap tentang cara melihat aplikasi yang pernah di download di Play Store dan App Store.

Melihat daftar aplikasi yang pernah di download ternyata lebih mudah dari yang kamu kira. Karena artikel ini akan menjelaskan berbagai metode yang bisa kamu gunakan untuk menemukan aplikasi-aplikasi lama tersebut.

Dengan informasi ini kamu tidak perlu bingung lagi setiap kali ingin mengingat aplikasi yang pernah kamu coba di masa lalu. Yuk simak selengkapnya.

Shopee Promo Ads

Cara Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di Play Store

Langkah cara melihat aplikasi yang pernah di download di Android:

  1. Langkah pertama tentu saja membuka aplikasi Store di perangkat Android kamu. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara default di semua perangkat Android.
  2. Setelah Play Store terbuka, ketuk ikon profil di pojok kanan atas layar. Ini akan membuka menu akun Google kamu.
  3. Di dalam menu akun, pilih opsi “Aplikasi & Game Saya” (My apps & games). Di sini, kamu akan melihat beberapa tab seperti “Update”, “Installed”, “Library”, dan sebagainya.
  4. Pilih tab “Library” untuk melihat daftar lengkap semua aplikasi yang pernah kamu unduh dengan akun Google kamu. Di sini, aplikasi-aplikasi yang pernah diunduh akan tercantum, baik yang saat ini masih terpasang maupun yang sudah dihapus.
  5. Di tab “Library”, kamu bisa melihat tombol “Install” di sebelah aplikasi yang sudah dihapus dari perangkatmu. Kamu juga bisa memilih aplikasi mana yang ingin diunduh ulang atau dihapus dari daftar tersebut.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur lain di Play Store untuk menemukan aplikasi yang pernah di download:

  • Jika kamu ingin melihat aplikasi berbayar yang pernah dibeli, buka menu utama di Play Store, pilih “Akun”, dan kemudian “Riwayat pembelian”. Di sini kamu akan menemukan daftar semua transaksi yang pernah dilakukan.
  • Untuk melihat semua aktivitas yang pernah kamu lakukan di layanan Google, termasuk Play Store, kunjungi situs Google My Activity. Di sini, kamu bisa menelusuri semua aktivitas digitalmu, termasuk aplikasi yang pernah di download.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan tips berikut ini:

  • Gunakan fitur pencarian di dalam tab “Library” untuk menemukan aplikasi tertentu dengan cepat.
  • Jika kamu menggunakan beberapa akun Google di perangkatmu, pastikan kamu memilih akun yang tepat untuk melihat riwayat unduhan yang sesuai.
  • Aktifkan notifikasi pembaruan untuk memastikan aplikasi-aplikasi yang terpasang selalu up-to-date.

Cara Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di App Store

Langkah cara Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di App Store:

  1. Pertama, buka aplikasi App Store di perangkat iOS kamu.
  2. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Apple ID yang digunakan untuk mengunduh aplikasi.
  3. Di pojok kanan atas, klik ikon profilmu untuk membuka halaman akun.
  4. Pada halaman akun, pilih opsi “Purchased” untuk melihat daftar semua aplikasi yang pernah kamu unduh.
  5. Pada halaman “Purchased”, kamu bisa melihat daftar semua aplikasi, baik yang saat ini ada di perangkat maupun yang tidak ada.

Selain metode dasar, ada beberapa cara lain untuk menemukan aplikasi yang pernah di download:

  • Kamu juga bisa mengakses riwayat unduhan dan pembelian melalui iTunes & App Store pada pengaturan perangkat. Masuk ke Pengaturan, pilih “iTunes & App Store”, dan klik pada Apple ID kamu untuk melihat riwayat pembelian.
  • Kunjungi situs Apple ID dan masuk ke akunmu. Di sini, kamu bisa melihat riwayat unduhan aplikasi dan pembelian yang pernah dilakukan menggunakan Apple ID tersebut.

Melihat Aplikasi yang Pernah di Download dengan Aplikasi

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat membantu kamu melacak aplikasi yang pernah di download.

AppBrain

Untuk pengguna Android, AppBrain dapat memberikan informasi detail tentang aplikasi yang pernah diunduh dan statistik penggunaannya.

AppFollow

Ini adalah layanan yang dapat melacak unduhan dan update aplikasi baik di Android maupun iOS.

Tips yang Bisa Dicoba

  • Untuk memudahkan di masa depan, kamu bisa membuat daftar manual aplikasi yang kamu sukai atau sering digunakan. Ini bisa dilakukan menggunakan aplikasi catatan atau spreadsheet sederhana.
  • Pastikan untuk memanfaatkan fitur penyimpanan cloud seperti Google Drive atau untuk menyimpan cadangan data aplikasi. Ini bisa memudahkan kamu jika ingin mengembalikan atau melihat aplikasi yang pernah diunduh.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bisakah saya melihat aplikasi yang pernah diunduh tanpa menggunakan Play Store atau App Store?

Ya, kalian bisa menggunakan aplikasi seperti AppBrain dan AppFollow. Tapi cara terbaik untuk melihat riwayat unduhan aplikasi adalah melalui Play Store atau App Store karena riwayat ini terkait langsung dengan akun Google atau Apple ID kamu.

Bagaimana jika aplikasi yang saya cari tidak muncul di daftar “Library” atau “Purchased”?

Pastikan kamu login dengan akun yang benar. Jika aplikasi masih tidak muncul, kemungkinan besar aplikasi tersebut dihapus permanen dari toko aplikasi oleh pengembangnya.

Apakah saya bisa mengunduh ulang aplikasi yang pernah saya beli tanpa membayar lagi?

Ya, aplikasi yang pernah kamu beli dapat diunduh ulang tanpa biaya tambahan asalkan kamu menggunakan akun yang sama dengan yang digunakan pada saat pembelian pertama.

Kesimpulan

Dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, cara melihat aplikasi yang pernah di download ini bisa menjadi lebih mudah dan efisien.

Baik pengguna Android maupun iOS, semuanya memiliki cara tersendiri untuk melacak aplikasi yang pernah diunduh.

Jangan lupa, informasi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di AC10 Tech, situs tepercaya yang selalu memberikan tips dan trik teknologi terbaru.

Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu kamu untuk tetap terorganisir dan tidak kehilangan jejak aplikasi favoritmu!

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi