Cara Mengetahui HP Diretas, Cek Ciri-Ciri dan Solusinya

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

AC10TECH.ID – Di era digital yang serba canggih ini, HP telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

Namun seperti halnya perangkat digital lainnya, HP tidak kebal dari ancaman peretasan.

Banyak orang tidak menyadari bahwa HP mereka mungkin telah diretas hingga dampak negatif mulai dirasakan.

Artikel ini akan membahas cara mengetahui apakah HP Anda diretas, ciri-cirinya, dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi dan mencegah peretasan.

Shopee Promo Ads

Ciri Ciri HP Diretas

Cara Mengetahui HP Diretas Ini Ciri ciri dan Solusinya
Ciri Ciri HP Diretas

Kalian perlu mengetahui ciri-ciri hp diretas sebelum melakukan langkah solusinya.

Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP Anda mungkin telah diretas:

Performa HP Melambat

Salah satu tanda yang paling umum adalah performa HP yang melambat. Jika HP Anda tiba-tiba menjadi lambat tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ada aplikasi berbahaya yang berjalan di latar belakang dan menggunakan sumber daya sistem Anda.

Baterai Cepat Habis

HP yang cepat habis juga bisa menjadi indikasi bahwa perangkat Anda telah diretas. Aplikasi berbahaya yang berjalan di latar belakang dapat menguras baterai dengan cepat.

Penggunaan Data yang Tidak Wajar

Penggunaan data yang tidak wajar adalah tanda lain dari peretasan. Jika Anda melihat lonjakan penggunaan data yang tidak bisa dijelaskan oleh aktivitas Anda, kemungkinan ada aplikasi berbahaya yang mengirim data dari HP Anda ke server peretas.

Munculnya Aplikasi atau Iklan Tak Dikenal

Jika Anda melihat aplikasi yang tidak Anda instal (aplikasi instal sendiri) atau iklan yang muncul secara tiba-tiba dan aplikasi browser terbuka sendiri, itu bisa menjadi tanda bahwa HP Anda telah diretas.

Pesan Aneh dari Nomor Tak Dikenal

Pesan aneh dari nomor tak dikenal, terutama yang berisi tautan atau kode aneh, bisa menjadi tanda bahwa HP Anda telah diretas.

Suara Latar Belakang Saat Panggilan

Mendengar suara aneh atau latar belakang yang tidak biasa saat melakukan panggilan telepon bisa menjadi tanda bahwa HP Anda sedang disadap.

Cara Mengetahui HP Diretas

Cara Mengetahui HP Diretas Ini Ciri ciri dan Solusinya
Cara Mengetahui HP Diretas

Sekarang lanjut ke langkah berikutnya, ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah HP Anda telah diretas atau tidak.

Cek dengan Kode USSD

Ada beberapa kode USSD yang bisa digunakan untuk memeriksa apakah HP Anda sedang disadap atau diretas. Misalnya kode *#21# bisa digunakan untuk memeriksa status pengalihan panggilan.

Gunakan Aplikasi Antivirus

Menggunakan aplikasi antivirus adalah cara yang efektif untuk mendeteksi perangkat lunak berbahaya di HP Anda. Aplikasi seperti Avast atau BitDefender dapat memindai HP Anda dan menghapus aplikasi berbahaya.

Lihat ini Cara Menghilangkan Virus di HP dengan Aplikasi Penghapus Virus

Monitor Penggunaan Data dan Baterai

Memantau penggunaan data dan baterai secara rutin dapat membantu Anda mendeteksi aktivitas mencurigakan di HP Anda. Jika Anda melihat lonjakan yang tidak biasa, segera periksa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Factory Reset

Jika Anda yakin bahwa HP Anda telah diretas, melakukan factory reset bisa menjadi solusi terakhir. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi dari HP Anda, termasuk perangkat lunak berbahaya.

Cara Mengatasi HP yang Diretas

Cara Mengetahui HP Diretas Ini Ciri ciri dan Cara Mengatasinya
Cara Mengetahui HP Diretas Ini Ciri ciri dan Cara Mengatasinya

Jika Anda mendeteksi bahwa HP Anda telah diretas, berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah tersebut:

Hapus Aplikasi Mencurigakan

Segera hapus aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal dari HP Anda. Aplikasi ini mungkin berisi malware yang menyebabkan peretasan.

Perbarui Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi HP Anda dapat membantu mengatasi kerentanan yang mungkin telah dieksploitasi oleh peretas. Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari sistem operasi HP Anda.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun-akun penting Anda akan menambah lapisan keamanan ekstra. Ini akan membuat lebih sulit bagi peretas untuk mengakses akun Anda, bahkan jika mereka berhasil mendapatkan kata sandi Anda.

Gunakan VPN dengan Bijak

dapat membantu melindungi data Anda saat menggunakan internet, tetapi gunakan dengan bijak. Hindari menggunakan VPN gratis yang mungkin tidak aman dan lebih rentan terhadap peretasan.

Pencegahan HP Diretas

Lebih baik mencegah daripada mengatasi. Berikut adalah beberapa untuk mencegah HP Anda dari peretasan:

Jangan Root HP

Melakukan root pada HP Anda bisa membuka pintu bagi malware dan virus untuk mengakses sistem HP Anda. Sebaiknya hindari melakukan root untuk menjaga keamanan HP Anda.

Hindari Download Aplikasi dari Sumber Tidak Resmi

Selalu download aplikasi dari sumber resmi seperti atau Apple App Store. Aplikasi dari sumber tidak resmi lebih mungkin mengandung malware.

Selalu Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun Anda. Hindari menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun dan pertimbangkan menggunakan pengelola kata sandi untuk membantu mengelola kata sandi Anda.

Sekian dari kami untuk kali ini! Sebagai penulis di AC10 Tech kami selalu berusaha memberikan informasi terbaru dan relevan untuk membantu Anda tetap aman di dunia digital.

Untuk informasi lebih lanjut dan artikel menarik lainnya, kunjungi AC10 Tech.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi