Ajukan Pertanyaan Disini

Cara Pasang Python 3.12 di Termux 2024

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Cara Pasang Python di Android versi 3.12 Terbaru Termux sering kali dikait-kaitkan sebagai tool hack karena bisa menjalankan berbagai kode perintah di HP Android.

Terminal emulator ini mampu menjalankan perintah seperti halnya pada sehingga bagi Anda yang familiar dengan sistem operasi tersebut mungkin akan mudah menggunakannya.

Termux juga bisa menginstall Python sebagai bahasa pemrograman. Jadi, setelah terpasang Anda bisa mengirimkan kode perintah Python hanya menggunakan HP Android.

Sebelumnya perlu dilakukan proses install Python Termux agar kode perintahnya bisa dipahami dan mengirimkan respon seharusnya.

Cukup dengan beberapa tahap saja hingga Python terinstall di aplikasi Termux. Baca ulasan cara install Python Termux di bawah ini supaya tahu.

Penting bahwa kalian perlu mendownload Python versi terbaru yaitu 3.12 daripada mendownload versi lama yaitu versi 3.8 atau 3.9.

Cara Pasang Python di Termux Versi Terbaru

Cara Pasang Python di Termux Android
Cara Install Python Termux

Install Python di Termux dilakukan dengan memasukan perintah tertentu dan Anda akan tahu sendiri dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Karena Anda akan menginstall Python di Termux, pastinya harus memiliki aplikasi termux tersebut dengan mengunduhnya Disini.
  2. Di dalam aplikasi Termux, masukan kode termux lengkapapt-get update && apt-get upgrade” tanpa tanda petik. Ini berguna untuk update paket aplikasi sehingga semuanya sudah terbaru dan siap menginstall Python.
  3. Kedua, ketik perintah “apt-get install python“.
  4. Kemudian akan muncul respon  dimana Anda perlu memasukan huruf “Y” untuk mengizinkan dan melanjutkannya.
  5. Akan terlihat proses pemasangan beberapa saat sebelum dilanjutkan dengan memasukan perintah “python” agar Python berjalan.
  6. Kode perintah Python sudah bisa Anda jalankan sesuai dengan tujuan Anda.

Beberapa Kode Python di Termux

Sesudah menginstall Python di Termux, Anda mungkin ingin belajar apa saja perintah Python atau sekedar mencobanya. Beberapa kode dasar Python bisa Anda ketahui sebagai berikut:

1. pkg install python

Perintah pertama yang perlu Anda ketahui adalah pkg install python yang bisa dijalankan di aplikasi Termux.

Dengan perintah ini, Anda dapat menginstal interpreter Python di Termux, membuka pintu menuju pengembangan aplikasi Python secara lokal pada perangkat Anda.

2. python file.py

Ketika Anda sudah menulis skrip Python, perintah python file.py adalah kunci untuk menjalankannya. Pastikan untuk menggantinya dengan nama file yang ingin Anda eksekusi.

3. pip install nama_paket

Dalam pengembangan Python, seringkali Anda akan membutuhkan pustaka eksternal. Perintah pip install nama_paket membantu Anda mengintegrasikan paket-paket ini dengan mudah.

4. nano file.py

Penting untuk dapat mengedit skrip Anda dengan cepat. Gunakan perintah nano file.py untuk membuka editor teks bawaan Termux dan menyunting kode Python Anda.

5. python -m venv myenv

Pengembangan Python yang efektif memerlukan lingkungan yang terisolasi. Dengan python -m venv myenv, Anda dapat membuat lingkungan virtual untuk proyek Anda.

6. pip list

Memeriksa paket yang sudah terpasang adalah langkah penting. Gunakan perintah pip list untuk menampilkan daftar paket Python yang sudah ada di enviroment virtual.

7. python –version

Pastikan Anda selalu menggunakan versi Python yang sesuai. Perintah python –version membantu Anda memeriksa versi saat ini yang terpasang.

8. pip uninstall nama_paket

Dengan perintah pip uninstall nama_paket, Anda dapat dengan mudah menghapus paket yang tidak diperlukan lagi.

Cara Mencegah Gagal Install Python di Termux

Supaya pemasangan Python di aplikasi Termux berhasil dengan baik, kami akan memberikan beberapa untuk Anda.

1. Gunakan Termux Versi Terbaru

Aplikasi Termux versi terbaru sudah ditambah fitur-fitur yang lengkap, meminimalisir kesalahan yang ada di versi sebelumnya.

Jadi, supaya Anda tidak menemui eror yang terjadi di versi sebelumnya, maka install versi terbaru yang tersedia di Play Store.

Bagi yang mendapatkannya dari website, cari aplikasi Termux versi terbaru sehingga mendapatkan semua seperti yang ada di Play Store.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan alternatif Apk Mirip Termux.

2. Lakukan Pembaruan Paket Termux

Kami sudah menyarankan untuk perbarui paket Termux dengan perintah yang sudah kami berikan di awal panduan.

Lakukan sebelum mulai memasang Python berharap supaya tidak terjadi kegagalan pada saat proses pemasangan berlangsung.

Selain untuk install Python, pembaruan mungkin juga perlu dilakukan secara di aplikasi Termux Anda.

3. Ketik Perintah dengan Benar

Perintah python bagi yang belum menguasai mungkin terlihat asing dan agak ribet dalam mengetiknya karena ada beberapa tanda baca yang biasanya diikutsertakan.

Jadi, hati-hati dan teliti ketika menulisnya dan cek ulang untuk memastikan perintah sudah benar baru tekan enter.

Jika ada kesalahan satu karakter saja bisa menyebabkan eror dan responnya tidak seperti yang Anda harapkan.

Awal-awal bisa salin yang ada di internet kemudian paste pada aplikasi Termux sehingga tidak mengetik manual.

Cara pasang Python di Termux versi terbaru tidak begitu sulit apabila langkah-langkahnya Anda lakukan dengan benar.

Menjalankan Python saat ini tidak harus menggunakan laptop atau komputer, aplikasi Termux hadir untuk mempermudah karena tersedia untuk HP Android yang lebih fleksibel.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi