TikTok ads sendiri merupakan fitur yang di dalamnya terdapat insight repot, ad creation, ad management, dan masih banyak lagi.
Jadi, Anda bisa memantau seperti apa performa dan kefektifan dari iklan yang sudah dijalankan di TikTok sehingga dapat memeprtimbangkan lagi apakah ke depannya akan mencobanya lagi atau tidak.
Para pemilik brand atau marketer bisa sangat terbantu dengan ada platform ini dan akan membuat jutaan pengguna TikTok mengenal apa yang diiklankan.
Jadi, ini adalah kesempatan yang bagus untuk meraup keuntungan melalui iklan dan kesempatan menarik pembeli atau pelanggan baru pun semakin besar.
Dalam menggunakan TikTok ads pun sangat fleksibel dimana Anda dapat mengatur dana untuk melakukan kampanye.
Targetkan audiens seperti asal negara, usia ataupun jenis kelamin. Ini akan sangat membantu menyesuaikan produk apa yang Anda iklankan.
Dan masih ada banyak fitur lainnya untuk menjangkau audiens lebih tepat dan efektif dibandingkan mengeluarkan budget sangat besar tetapi efeknya kurang terasa.
Cara TikTok Ads Mudah
Berikut panduan untuk memasang TikTok ads pada produk Anda supaya dilihat oleh banyak orang:
Sebelumnya, pastikan Anda memiliki akun TikTok ads, bisa buat terlebih dahulu melalui situs resminya Disini.
Pada situs TikTok ads, tekan create an Ad Button dan ikuti prosesnya sampai selesai.
Setelah itu, pada dashboard akun Anda tekan Campaign.
Tekan Create.
Pilih tujuan dari campaign Anda, misalnya menginstall aplikasi.
Atur penempatan dari TikTok ads Anda.
Tentukan juga target dan beberapa detail lain.
Masukan gambar sebagai tampilan yang akan muncul nantinya, tulis deskripsi mengenai aplikasi atau produk Anda.
Jika perlu, tentukan jenis kelamin, umur, bahasa, dan lainnya.
Tentukan anggaran yang akan digunakan untuk menjalankan iklan.
Masukan jadwal yang diinginkan pada bagian schedule.
Selesai, Anda tinggal tunggu apakah iklan disetujui oleh TikTok atau tidak.
Jika sudah disetujui, maka iklan akan berjalan dan Anda dapat memantaunya melalui akun TikTok ads.
Bagaimana Cara Menggunakan TikTok Ads dengan Tepat
Beberapa tips berikut mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk diterapkan supaya iklan Anda lebih baik dan tepat sasaran.
1. Persiapkan Akun TikTok Bisnis
Dalam menggunakan TikTok Ads, Anda harus mempersiapkan akun TikTok Bisnis dengan langkah-langkah mudah yang telah Anda simak sebelumnya.
Ini akan memberikan akses kepada Anda berbagai fitur iklan yang tidak tersedia di akun TikTok biasa.
Anda juga dapat dengan mudah mengubah akun pribadi Anda menjadi akun bisnis atau membuat yang baru secara terpisah.
2. Tentukan Target Audiens
Sebelum Anda mulai beriklan di TikTok, penting untuk memahami siapa target audiens yang sekiranya akan menggunakan produk atau layanan Anda.
Apakah targetnya berusia muda atau lebih tua, lalu apa minat dan kesukaan mereka. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat iklan yang lebih efektif.
3. Buat Video Kreatif
TikTok adalah platform video, jadi pastikan iklan Anda menarik secara visual. Buat video kreatif yang menarik perhatian dengan cepat. Gunakan musik yang sesuai dan tampilan yang menghibur.
4. Menentukan Budget Iklan
Anda juga perlu menentukan berapa budget yang akan Anda alokasikan untuk iklan TikTok Anda.
Platform ini menawarkan berbagai pilihan, mulai dari iklan berbiaya rendah hingga kampanye besar. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan anggaran Anda.
5. Gunakan Tool Analitik TikTok
TikTok menyediakan alat analitik yang kuat yang dapat membantu Anda mengetahui seperti apa kinerja iklan Anda.
Gunakan tool ini untuk memantau tampilan, klik, dan lainnya. Dengan pengetahuan yang detail tentang kinerja iklan Anda, nanti Anda dapat melakukan penyesuaian.
6. Beriklan di Waktu yang Tepat
Penting untuk memahami kapan audiens Anda paling aktif di TikTok. Ini dapat berbeda-beda tergantung pada target lokasi Anda. Pastikan untuk menjadwalkan iklan Anda pada saat yang tepat.
7. Ukur Hasilnya
Setelah Anda menjalankan iklan Anda, sebaiknya Anda ukur hasilnya dengan menggunakan data yang Anda kumpulkan untuk mengoptimalkan kampanye selanjutnya.
Anda dapat mengubah targeting, anggaran, atau konten iklan sesuai kebutuhan sehingga hasilnya pun lebih baik.
FAQ
Apakah saya perlu memiliki akun TikTok untuk beriklan?
Tidak, Anda hanya perlu membuat akun iklan di TikTok.
Berapa biaya beriklan di TikTok?
Biayanya bervariasi, tergantung pada jenis iklan dan durasinya.
Apakah iklan di TikTok efektif untuk semua jenis bisnis?
Sebagian besar ya, terutama jika target pasar Anda adalah generasi muda.
Bagaimana cara mengukur kesuksesan iklan saya di TikTok?
Anda bisa menggunakan analytics yang disediakan oleh TikTok untuk melihat performa iklan Anda.
Apakah saya bisa menargetkan iklan saya ke lokasi tertentu?
Ya, Anda bisa menentukan target lokasi saat membuat iklan.
Beriklan di zaman sekarang bisa melalui platform online salah satunya adalah dengan cara TikTok ads dan dapatkan ribuan pelanggan atau pengguna baru dari produk Anda.