AC10 TikTok Downloader

Download Lagu dan Video TikTok Tanpa Watermark

Get it on Google Play

Apa Itu Rangkaian Pembagi Tegangan dan Bagaimana Fungsinya?

Ditulis oleh Sandy Riadi

Seorang Web Developer & Konten Kreator Ternama di Indonesia, Follow Klik tombol Bintang.

follow icon Follow Us

Dari Author: Selama 9 tahun AC10 Tech selalu berusaha memberikan informasi terbaru dan akurat bagi pembaca. Kami ahli dan bersemangat dalam bidang ini. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.

Pada artikel berikut ini kita akan mempelajari rangkaian pembagi tegangan dan cara kerjanya. Dengan itu, kami akan memberi tahu Anda bagaimana kalkulator pembagi tegangan membantu siapa pun menentukan tegangan di seluruh rangkaian dan bahkan membandingkan dua rangkaian atau lebih.

Tetap fokus untuk belajar lebih baik!

Definisi

“Pembagi tegangan adalah rangkaian elektronik sederhana yang mengubah tegangan tinggi menjadi tegangan rendah berdasarkan potensial resistor yang dihubungkan.”

Diagram

Diagram

Diagram Sirkuit Skema

Untuk memahami fungsi pembagi tegangan, Anda perlu melihat gambar rangkaian berikut:

tegangan sirkuit

Pada gambar di atas, ada tiga sirkuit berbeda. Semuanya adalah pembagi tegangan. Oleh karena itu, meskipun rangkaian ini terlihat berbeda, menganalisisnya akan memberi tahu Anda bahwa keduanya sama.

Pada pembagi tegangan, Anda hanya perlu menghubungkan sumber baterai dengan rangkaian dua resistansi. Nilai resistansinya bisa berbeda-beda. Selain itu, tegangan keluaran akan selalu bergantung pada keseluruhan oposisi yang terpasang di rangkaian.

Cara yang lebih baik untuk menentukan perhitungan pembagi tegangan adalah dengan menggunakan kalkulator pembagi tegangan dari kalkulatored.com. Alat ini secara instan memberi tahu Anda nilai tegangan yang dihasilkan tergantung pada resistor yang dihubungkan secara seri.

Persamaan Pembagi Tegangan

Rumus pembagi tegangan menyatakan hubungan langsung yang jelas antara parameter rangkaian berikut:

●Tegangan masukan

●Tegangan keluaran

●Rasio dua resistor (Nilai kombinasi paralel)

Persamaan yang digunakan kalkulator pembagi tegangan adalah sebagai berikut:

kalkulator pembagi tegangan

Generalisasi yang Perlu Dipertimbangkan

Untuk membuat rangkaian pembagi tegangan dengan mudah, sebaiknya Anda belajar mengubah persamaan dasar rangkaian pembagi tegangan ke bentuk ekuivalennya, yang meliputi:

Nomor 01

Jika kedua resistor mempunyai nilai yang sama, maka nilai tegangan keluaran dikurangi menjadi setengah dari tegangan suplai.

tegangan suplai

Menjelajahi Sirkuit

Untuk memahami fungsi rangkaian pembagi tegangan, perhatikan skenario berikut:

Pada gambar ini, kita memiliki dua arus I_1 dan I_2 yang mengalir melalui resistansi masing-masing R_1 dan R_2.

Jadi jika kita ingin menentukan tegangan keluaran dengan R_1, R_2, dan V_in diketahui, kita dapat menerapkan hukum Ohm untuk mengetahuinya. Alasannya adalah karena dua resistor dirangkai seri, sehingga efek akumulasinya akan sama.

menentukan tegangan keluaran

Dari ekspresi ini, kita dapat dengan mudah menghitung nilai R_2. Tapi bagaimana dengan nilai I_2? Untuk mendapatkan nilainya, kita asumsikan I_2 = I_1. ini membuat rangkaian di atas terlihat seperti:

Kata-kata terakhir

Pada artikel tersebut kita telah membahas tuntas mengenai rangkaian pembagi tegangan. Jika Anda masih menghadapi masalah dalam menentukan tegangan pada rangkaian tersebut, Anda dapat menggunakan kalkulator pembagi tegangan. Alat ini juga akan membantu Anda membandingkan sirkuit yang berbeda dalam waktu yang lebih singkat.

Artikel Terbaru

Tinggalkan komentar