5 Software Aplikasi Pendingin Laptop dan CPU PC (Download)

Ditulis oleh Sandy Riadi

Seorang Web Developer Dan Konten Kreator Ternama Di Indonesia, Follow For More.

Software Aplikasi Pendingin Laptop dan CPU PC (Download Disini) – Berikut ini kami bagikan 5 software pendingin laptop dan aplikasi pendingin CPU PC yang wajib kamu install agar laptop atau pc kamu tidak cepat panas bahkan terbakar.

Banyak pengguna laptop yang tidak terlalu memperhatikan suhu laptopnya padahal suhu laptop dapat mempengaruhi peforma atau kinerja dari laptop itu sendiri.

Meski saat ini sudah terdapat berbagai alat untuk mendinginkan laptop seperti cooler dan lainnya, namun hal tersebut cukup ribet jika kamu ingin membawa laptop kamu ke tempat lain. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Saat ini sudah terdapat bebagai macam aplikasi pendingin untuk perangkat laptop yang dapat bekerja secara otomatis menurunkan suhu pada laptop kamu.

Baca Juga Cara Mengatasi Restart Laptop Lama

Lalu aplikasi pendingin laptop apa saja yang menjadi aplikasi pendingin laptop terbaik? Bagaimana cara mendinginkan laptop dengan software? Berikut 5 aplikasi pendingin untuk laptop terbaik dan paling ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mendinginkan perangkat laptop kamu.

Download Software Aplikasi Pendingin Laptop dan CPU PC

3 Aplikasi Pendingin Untuk Laptop Terbaik Dan Paling Ampuh
Aplikasi Pendingin Untuk Laptop Terbaik Dan Paling Ampuh

Cara mendinginkan laptop dengan software dengan software pendingin untuk laptop terbaik dan paling ampuh dibawah ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang mencari-cari aplikasi pendingin untuk laptop yang ampuh.

Software pendingin laptop dibawah ini sama-sama memiliki fitur canggih yang dapat digunakan untuk menurunkan suhu di laptop dngan cukup sigmifikan. Dibawah ini 5 aplikasi pendingin untuk laptop terbaik dan paling ampuh.

1. SpeedFan

Aplikasi pendingin laptop terbaik dan paling ampuh yang pertama ada software dengan nama SpeedFan yang merupakan salah satu aplikasi pendingin untuk laptop terbaik dan terbukti ampuh.

SpeedFan dapat memantau dan memonitoring hardware pada laptop kamu dengan bentuk grafik yang mudah dipahami oleh pemula yang belum pernah menggunakan aplikasi ini sekalipun.

Dengan demikian kamu bisa mengetahuo secara detail tentang temperatur system laptop kamu.

SpeedFan dapat membantu menurunkan suhu CPU laptop kamu dengan menaya penggunaan komponen yang menyebabkan laptop terlalu panas.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menjaga suhu laptop agar tetap dalam kondisi stabil dan tidak terlalu panas atau over heat yang bisa menyebabkan kerusakan pada laptop.

Untuk ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar serta ringan sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi ini dengan lancar.

Download pendingin cpu SpeedFan

Baca Juga Cara Memperbaiki Baterai Laptop Bocor

2. KAR Energy Saver

3 Aplikasi Pendingin Untuk Laptop Terbaik Dan Paling Ampuh
Aplikasi Pendingin Untuk Laptop Terbaik Dan Paling Ampuh

KAR Energy Saver adalah software pendingin CPU PC gratis untuk Windows. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan software penghemat energi yang mencoba menghemat energi sebanyak mungkin tanpa memperlambat sistem CPU.

Aplikasi ini menggunakan dua metode untuk mengelola konsumsi daya dan mendinginkan CPU PC.

  • Metode yang pertama adalah mengelola frekuensi prosesor sesuai dengan beban yang mencegah CPU menjadi panas selama beban penuh.
  • Metode kedua menggunakan fitur canggih dari prosesor Intel dan AMD untuk menurunkan konsumsi daya dan suhu CPU.

Prosesor Intel memiliki fitur canggih EIST dan C1E bawaan, yang pada dasarnya akan menempatkan layar PC atau seluruh sistem dalam mode Siaga.

Download Aplikasi kipas laptop KAR Energy Saver

3. Core Temp

Aplikasi pendingin laptop terbaik dan paling ampuh yang kedua ada apliaksi Core Temp yang bisa kamu andalkan untuk menurunkan suhu di laptop kamu saat kondisinya terlalu panas.

Aplikasi ini dapat memberikan informasi yang mendetail mengenai setiap core di CPU dan informasi tersebut disajikan dengan tampilan yang mudah untuk dipahami bahkan oleh pemula sekalipun.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur canggih dan menarik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan suhu di laptop kamu agar tetap stabil.

Untuk kamu para pengguna smartphone android atau Windows phone juga bisa menggunakan aplikasi ini karena Core Temp juga tersedia di 2 platform tadi.

Tampilan yang disuguhkan Core Temp juga cukup simpel sehingga kamu akan lebih mudah dalam penggunaannya.

Download pendingin cpu laptop Core Temp

4. TPFanControl

TPFanControl adalah software pendingin CPU PC gratis lainnya untuk Windows 10 windows 7 atau windows 8. Dengan menggunakan software ini, Kamu dapat dengan cepat menurunkan suhu laptop dan CPU desktop.

Untuk mengurangi suhu CPU, aplikasi akan meningkatkan kecepatan kipas CPU, juga menyediakan opsi manual untuk meningkatkan kecepatan kipas CPU saat dibutuhkan.

Di dalamnya, ada tiga mode yang memengaruhi kecepatan dan suhu kipas CPU yaitu BIOS (pengontrol tertanam), Smart (TPFancontrol.ini), dan Manual.

Opsi BIOS sistem akan menyesuaikan kecepatan kipas sesuai dengan suhu CPU. Opsi Smart mengaktifkan driver TPFanControl yang secara efektif utnuk mengatur suhu CPU dan kecepatan kipas.

Sedangkan Opsi Manual kamu mengelola suhu CPU secara manual ingin meningkatkan atau menurunkan kecepatan kipas CPU.

Download TPFanControl

5. CoolSense

CoolSense menjadi aplikasi pendingin untuk laptop terbaik dan paling ampuh yang terakhir karena aplikasi ini juga memiliki fitur yang tidak kalah canggihnya dari aplikasi pendingin laptop lainnya.

Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk membantu menurunkan suhu di perangkat laptop kamu dengan menyesuaikan suhu CPU dengan menata penggunaan komponen yang menyebabkan laptop kamu panas.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyesiakan suhu lalu menekan penyebab panas pada perangkat laptop kamu dan menjaga suhu laptop agar tetap stabil.

Salah satu kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah ukurannya yang tidak terlalu besar serta ringan sehingga kamu bisa menggunakna aplikasi ini tanpa lemot meski kamu menggunakan laptop dengan spek pas-pasan sekalipun.

Download CoolSense

Baca Juga Cara Main PS3 di Laptop

Nah, itu dia aplikasi pendingin laptop atau aplikasi pendingin cpu pc terbaik dan paling ampuh yang saat ini sudah sangat populer untuk para pengguna laptop karena fungsinya yang ampuh dapat menurunkan suhu laptop.

Software diatas bisa menjadi solusi untuk kamu yang seringa mengalami over heat atau suhu laptop yang tinggi atau panas yang dapat menyebabkan kerusakan komponen laptop. Terima kasih.

Artikel Terbaru