Cara Mengaktifkan Kuota Kemendikbud Bagaimana? Simak Ini!

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Cara Mengaktifkan Kemendikbud2024 – Kuota kemendikbut sudah muncul sejak tahun 2020 ketika pandemic Covid-19 dan sangat membantu banyak orang untuk terus bisa mengakses .

Ini merupakan kuota belajar yg diberikan secara gratis dari pemerintah dan disambut dengan baik oleh para pelajar.

Para penerima harus memenuhi syarat supaya bisa klaim kuota bantuan pemerintah melalui Kemendikbud ini.

Selain itu juga harus terdaftar sebagai penerima bantuan kuota belajar, jika ini sudah kalian pastikan maka kalian baru bisa mengaktifkan kuota kemendikbud imi.

Syarat Mendapatkan Kuota Kemendikbud

Cara Mengaktifkan Kuota Kemendikbud Bagaimana
Syarat Mendapatkan Kuota Kemendikbud

Untuk mengaktifkan kuota Kemendikbud di bawah ini, terdapat syarat-syarat yang perlu dipenuhi agar proses aktivasi berjalan dengan lancar.

Syarat-syarat ini memastikan bahwa kuota tersebut digunakan oleh pihak-pihak yang benar-benar berkaitan dengan dunia pendidikan.

Untuk peserta didik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah harus terdaftar secara resmi di Dapodik.

Selain itu, mereka juga harus memiliki nomor ponsel aktif yang terdaftar atas nama peserta didik, orang tua, anggota keluarga, atau wali.

Dengan cara ini kuota Kemendikbud dapat digunakan oleh mereka yang memiliki keterkaitan langsung dengan dunia pendidikan.

Pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah juga harus terdaftar di aplikasi Dapodik dengan status aktif.

Selain itu, mereka juga diwajibkan memiliki nomor ponsel aktif. Dengan cara ini, penggunaan kuota Kemendikbud oleh pendidik dapat dipantau dan diverifikasi.

Sementara mahasiswa juga perlu memenuhi beberapa persyaratan. Mereka harus terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree).

Mahasiswa juga perlu mempunyai Kartu Rencana Studi pada semester berjalan dan nomor ponsel aktif.

Hal ini memastikan bahwa kuota Kemendikbud digunakan oleh mereka yang tengah menjalani pendidikan tinggi dengan serius.

Pada dosen, mereka perlu  terdaftar di aplikasi PDDikti dan memiliki status aktif. Mereka juga mempunyai nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP) yang sah serta nomor ponsel aktif.

Dengan syarat-syarat ini, kuota Kemendikbud dapat diberikan kepada para pendidik yang memiliki peran penting dalam proses pendidikan.

Cara Mengaktifkan Kuota Kemendikbud2024

Cara Mengaktifkan Kuota Kemendikbud
Cara Mengaktifkan Kuota Kemendikbud
  1. Penerma harus memiliki nomor HP aktif untuk menerima kuota bantuan ini.
  2. Cara mengaktifkannya supaya kuota masuk adalah dengan Lapor terlebih dahulu pada pimpinan satuan pendidikan ketika penyaluran belum dilakukan.
  3. Nantinya pimpinan satuan pendidikan bakal unggah SPTJM atau surat pernyataan tanggung jawab mutlak untuk nomor baru maupun yang berubah di Kemendikbudristek.
  4. Setelah mengajukan nomor, nanti proses penyaluran bantuan kuota akan mulai dikirimkan.
  5. Tunggu hingga kuota kemedikbud masuk dan selesai.

Cara Cek Kuota Kemendikbud (Kode Dial)

Jika ingin mengecek kuota kemendikbud Anda, terdapat cara simpel yang bisa Anda lakukan supaya tahu sisa yang belum terpakai.

Jika Anda menggunakan kartu XL, Anda dapat memilih salah satu dari dua cara. Pertama, Anda bisa mengakses UMB (123#), lalu pilih opsi 7 (INFO), kemudian pilih 1 (Info kartu XL-ku), selanjutnya pilih 6 (Info paket), dan akhirnya pilih 3 (Terus belajar).

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kode *123*7*1*6*3# dan akan muncul informasi sisa kuotanya.

Bagi pengguna kartu , caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengakses *363# untuk mengecek kuota kemendikbud Anda.

Dengan langkah-langkah ini yang begitu mudah ini, Anda dapat dengan mudah memantau dan mengelola kuota Anda agar dapat terus memanfaatkan fasilitas pendidikan dari Kemendikbud dengan maksimal.

Penyebab Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Diaktifkan

Ketika ingin mengaktifkan kuota Kemendikbud dan tidak bisa, beberapa penyebabnya mungkin sebagai berikut:

Program Kemendikbud Telah Berakhir

Jika saat ini Anda tidak bisa mengaktifkan kuota Kemendikbud bisa terjadi karena sepertinya program tersebut telah berakhir cukup lama.

Program pemerintah biasanya memiliki batas waktu tertentu, dan setelah itu, kuota yang tersedia tidak dapat diaktifkan lagi.

Kuota bantuan ini ditujukan untuk memudahkan pelajar maupun pengajar memudahkan proses penyampaian dan penerimaan ilmu meskipun dari rumah masing-masing.

Jadi, ketika saat ini sekolah maupun kuliah dilakukan tatap muka, maka bantuan kuota Kemendikbud pun sampai saat ini belum ada lagi.

Salah Memasukkan Nomor HP

Bisa jadi ada kesalahan dalam memasukkan nomor HP ketika mengajukan permintaan kuota bantuan ini.

Pastikan bahwa nomor HP yang Anda masukkan benar-benar aktif dan sesuai dengan yang ada di perangkat Anda.

Kadang-kadang, nomor HP yang Anda ajukan belum terdaftar dalam database Kemendikbud. Pastikan nomor HP Anda sudah terdaftar di institusi pendidikan yang bersangkutan.

Namun, lagi-lagi perlu diketahui bahwa bantuan kuota Kemendikbud saat ini sepertinya sudah tidak tersedia lagi.

Akhir Kata

Seperti itulah kurang lebih yang bisa kami sampaikan tentang cara mengaktifkan kuota Kemendikbud yang merupakan bantuan dari pemerintah.

Tidak usah kecewa karena kuota bantuan belum ada lagi, Anda bisa mendapatkan kuota gratis semua operator dengan beberapa cara yang sudah kami posting di ini.

Nah itulah dari AC10 Tech kali ini tentng cara mengaktifkan kuota kemendikbud2024.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi