Cara Mengatasi Aplikasi Tiba Tiba Terinstal Sendiri di HP

Ditulis oleh Sandy Riadi

Web Developer & Konten Kreator di Indonesia

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Penyebab dan Cara Mengatasi Tiba Tiba Terinstal Sendiri di HP – Sebagai pengguna hp pastinya kamu sering browsing atau file di hp android kamu. Namun, bagaimana jadinya jika tiba-tiba terdapat aplikasi yang terinstall sendiri di hp android kamu tanpa kamu download dan kamu install.

Tentu hal tersebut akan membuat kamu kesal karena akan membebani android kamu dan bisa membuat-nya lemot. Kenapa tiba tiba ada aplikasi terinstal sendiri? Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Baca Juga Cara Mengembalikan Google Play Store Tiba Tiba Hilang

Dari Editor: AC10 Tech selalu berusaha memberikan informasi terbaru dan bermanfaat untuk pembaca. Kami bersemangat dalam bidang ini. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.

Kenapa Tiba Tiba Ada Aplikasi Terinstal Sendiri?

Mungkin kalian heran kenapa ya ada aplikasi baru yang tiba-tiba muncul di layar beranda HP anda. Aneh ketika kita tidak pernah mendownload dan menginstal aplikasi tersebut.

Nah berikut ini penyebab kenapa tiba tiba ada aplikasi terinstal sendiri di HP kalian adalah sebagai berikut:

1. Ada virus yang tertanam di HP

Satu satunya penyebab yang pasti adalah ada virus yang tertanam di HP kalian. Virus ini akan terus menginstal sesuatu yang ia inginkan. Beberapa aplikasi yang biasanya diinstal oleh virus HP ini adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi sadap
  • Aplikasi malware yang mengambil data
  • Aplikasi game yang berisi iklan-iklan
  • Aplikasi yang menampilkan iklan di HP kalian secara otomatis.

Jika kalian merasa ada virus dihp kalian, maka segera untuk menginstal aplikasi , atau cari file virus tersebut secara manual di dalam manager aplikasi, biasanya ada aplikasi yang bernama seperti file sistem agar tidak ketahuan, misalnya namanya adalah “pengaturan” atau “setting”, “galeri” dll.

2. Pernah Tidak Sengaja Diinstal

Jika memang bukan virus, maka dipastikan aplikasi tersebut dengan tidak sengaja anda instal, atau adik, kakak, atau teman anda menginstal aplikasi di HP Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Lebih lengkapnya, Anda tenang saja karena kali ini saya akan membahas cara untuk mengatasi hp android yang install aplikasi dengan sendirinya dengan mudah dan juga ampuh.

Jika kamu penasaran bagaimana cara untuk mengatasi hp android yang menginstall aplikasi sendiri, maka kamu bisa menyimak artikel ini supaya kamu tau bagaimana cara untuk mengatasi hp android yang install aplikasi sendiri tanpa izin.

Berikut cara mengatasi andorid yang install aplikasi sendiri dengan mudah dan ampuh.

Cara Mengatasi Aplikasi Tiba Tiba Terinstal Sendiri di HP

Cara Atasi Aplikasi Tiba-Tiba Terinstal Sendiri di HP
Cara Atasi Aplikasi Tiba Tiba Terinstal Sendiri di HP

Cara mengatasi hp android yang menginstall aplikasi sendiri ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang mungkin sering mengalami masalah tersebut di hp android kamu. Cara mengatasi hp android yang install aplikasi sendiri di bawah ini juga memiliki cara yang mudah dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun.

Di bawah ini cara mengatasi hp android yang install sendiri dengan mudah dana mpuh yang bisa kamu coba lakukan di smartphone android kamu.

Baca Juga Cara Menghilangkan Virus di HP dengan Aplikasi Penghapus Virus

1. Mengatasi Aplikasi Terinstall Sendiri Di HP Android Dengan Anti Virus

Cara pertama untuk mengatasi aplikasi yang terinstall sendiri di hp android adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi antivirus. Pasalnya, mungkin saja penyebab aplikasi terinstall sendiri di hp android kamua dalah virus.

Jadi, kamu perlu menghilangkan virus yang ada di hp android kamu dengan menggunakan bantuan aplikasi anti virus agar virus di hp android kamu hilang dan aplikasi tidak akan terinstall sendiri lagi.

Download 360 Security Lite 

Cara Atasi Aplikasi Tiba-Tiba Terinstal Sendiri di HP
Cara Atasi Aplikasi Tiba Tiba Terinstal Sendiri di HP

Kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus yang sudah terpercaya, seperti 360 Securitu Lite dan lainnya.

Kamu juga perlu sering scan antivirus di hp android kamu supaya virus di hp android kamu bisa ketahuan dan dihilangkan oleh aplikasi antivirus yang kamu miliki di hp android kamu. Namun, jika cara ini tidak berhasil, maka kamu bisa coba cara yang kedua.

2. Mengatasi Aplikasi Terinstall Sendiri Di HP Android Dengan Hentikan Aplikasi Berjalan

Cara kedua untuk mengatasi aplikasi yang terinstall sendiri di hp android adalah dengan menghentikan aplikasi berjalan di hp android kamu. Kamu bisa hentikan aplikasi atau program mencurigakan yang berjalan di latar belakang android kamu dengan masuk ke menu pengaturan aplikasi dan pilih aplikasi mencurigakan yang akan dihentikan.

Kemudian, kamu tap force stop untuk menghentikannya.

Baca Juga Cara Membuat Virus HP Mematikan

Nah, itu dia cara mengatasi aplikasi yang terinstall sendiri di hp android dengan mudah dan ampuh yang bisa kamu coba lakukan di smartphone android kamu agar aplikasi tidak terinstall sendiri lagi. Terima kasih.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Tinggalkan komentar