Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Lengkap dan Mudah 2024

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Apakah Anda pernah kehilangan chat penting di dan merasa putus asa untuk mengembalikannya? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna WhatsApp menghadapi situasi serupa, tetapi ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan chat WA yang terhapus.

Kami dari AC10 Tech akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan chat WA yang terhapus, baik sebelum di-backup, permanen, maupun tanpa instal ulang.

WhatsApp adalah salah satu pesan instan yang paling populer di dunia, dengan jutaan pengguna mengandalkannya untuk berkomunikasi setiap hari.

Sering kali pengguna mengalami kehilangan chat penting karena berbagai alasan, seperti penghapusan tidak sengaja, pergantian perangkat, atau masalah teknis.

Kehilangan pesan dapat sangat menyebalkan, terutama jika berisi informasi penting atau kenangan berharga.

Untungnya, ada beberapa metode yang dapat membantu Anda mengembalikan chat WA yang terhapus, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

Artikel ini akan membahas berbagai metode untuk mengembalikan chat WA yang terhapus, termasuk cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di-backup di , cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa dicadangkan, serta cara mengembalikan chat WA yang terhapus tanpa instal ulang.

Kami juga akan menjelaskan penggunaan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda dalam proses ini. Dengan langkah-langkah yang sistematis, kami berharap Anda dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah Anda.

Shopee Promo Ads

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum di Backup di Android

Jika Anda kehilangan chat sebelum sempat melakukan backup, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

Periksa Folder Database WhatsApp

WhatsApp secara otomatis menyimpan database pesan di memori internal atau kartu SD perangkat Anda. Buka aplikasi File Manager dan navigasikan ke WhatsApp > Databases. Di sini, Anda mungkin menemukan beberapa file backup dengan format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12.

Pulihkan dari File Backup Lokal

Pilih file backup yang diinginkan, ganti nama file tersebut menjadi msgstore.db.crypt12. Uninstall WhatsApp dan install ulang. Saat verifikasi nomor telepon, WhatsApp akan mendeteksi file backup ini dan memberi opsi untuk memulihkan chat.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi yang dirancang untuk memulihkan data yang terhapus di perangkat Android. Contohnya adalah Dr.Fone, EaseUS MobiSaver, dan lainnya. Aplikasi ini memerlukan akses root pada beberapa perangkat untuk dapat bekerja dengan efektif.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen

Mengembalikan chat WA yang terhapus permanen memang lebih menantang, tetapi masih mungkin dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Gunakan Google Drive Backup

WhatsApp secara rutin melakukan backup ke Drive jika Anda mengaktifkan fitur ini. Uninstall WhatsApp dan install ulang. Saat proses instalasi, Anda akan diberikan opsi untuk memulihkan pesan dari backup Google Drive.

Manfaatkan Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika metode di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional. Mereka memiliki alat dan keahlian untuk memulihkan data yang terhapus dari perangkat Anda, meskipun biaya yang diperlukan biasanya cukup mahal.

Aplikasi Pemulihan Data

Beberapa aplikasi seperti DiskDigger, Data Recovery, atau aplikasi pemulihan data lainnya dapat membantu dalam memulihkan file yang terhapus. Meski keberhasilannya tidak dijamin, mereka patut dicoba sebagai langkah terakhir.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Dicadangkan

Jika Anda tidak pernah mencadangkan chat WhatsApp, metode berikut dapat dicoba:

Periksa File Database Lokal

Walaupun Anda tidak pernah melakukan backup manual, WhatsApp secara otomatis menyimpan backup lokal harian selama tujuh hari terakhir. Anda bisa menemukan file-file ini di folder WhatsApp > Databases.

Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Aplikasi seperti Dr.Fone, Tenorshare UltData, dan lainnya dapat memindai perangkat Anda untuk mencari chat yang terhapus dan memulihkannya.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Tanpa Instal Ulang

Jika Anda ingin mengembalikan chat WA yang terhapus tanpa harus menginstal ulang aplikasi, coba langkah-langkah berikut:

Gunakan Fitur Backup Lokal

Navigasi ke folder WhatsApp > Databases dan pilih file backup terbaru. Ganti nama file menjadi msgstore.db.crypt12. Pastikan WhatsApp sedang tidak berjalan, lalu buka kembali aplikasi untuk memulihkan chat.

Pemulihan Chat dari Google Drive

Jika Anda memiliki backup di Google Drive, Anda dapat mengakses pengaturan WhatsApp dan mengembalikan chat dari backup tersebut tanpa harus menginstal ulang aplikasi.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen dengan Aplikasi

Penggunaan aplikasi pihak ketiga sering kali menjadi solusi yang efektif. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda coba:

Dr.Fone – Data Recovery (Android/iOS)

Dr.Fone adalah salah satu aplikasi pemulihan data terpopuler yang dapat membantu mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan mendukung berbagai jenis file.

Tenorshare UltData (Android/iOS)

Tenorshare UltData menawarkan fitur pemulihan data yang kuat, termasuk chat WhatsApp yang terhapus. Aplikasi ini dapat memindai perangkat Anda dan memulihkan data yang hilang dengan cepat.

EaseUS MobiSaver (Android/iOS)

EaseUS MobiSaver adalah pilihan lain yang baik untuk memulihkan chat WhatsApp. Aplikasi ini dapat mencari dan memulihkan berbagai jenis data yang hilang, termasuk pesan WhatsApp.

Kesimpulan

Mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus bisa menjadi proses yang menantang, tetapi dengan metode yang tepat, Anda memiliki peluang yang baik untuk memulihkan data Anda. Apakah Anda kehilangan chat sebelum sempat di-backup, permanen, atau tanpa instal ulang, ada berbagai solusi yang dapat dicoba. Dari menggunakan backup lokal hingga aplikasi pihak ketiga, setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kami di AC10 Tech berharap panduan ini membantu Anda menemukan cara terbaik untuk mengembalikan chat WA yang terhapus dan mengatasi masalah Anda dengan efektif.

Tetaplah berhati-hati dan pastikan untuk secara rutin melakukan backup data penting Anda untuk menghindari kehilangan data di masa depan. Dengan persiapan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa data penting Anda selalu aman dan dapat dipulihkan kapan saja diperlukan.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi