Waspada Bahaya Spyware! Ini Cara Mudah Deteksi Spyware di HP

Ditulis oleh Nursa A

Seorang Web Developer & Konten Kreator Ternama di Indonesia, Follow Klik tombol Bintang.

follow icon Follow Us

Dari Author: Selama 9 tahun AC10 Tech selalu berusaha memberikan informasi terbaru dan akurat bagi pembaca. Kami ahli dan bersemangat dalam bidang ini. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.

Kehidupan kita sehari-hari kini sangat terkait dengan keberadaan smartphone. Bukan hanya untuk berkomunikasi atau main game di m88 saja, tetapi smartphone juga kerap digunakan untuk menyimpan data pribadi yang sangat berharga, seperti pesan, foto, dan informasi keuangan.

Namun, dalam era digital yang semakin canggih, bahaya potensial mengintai di balik layar. Salah satu ancaman tersembunyi yang harus diwaspadai adalah spyware, yang bisa membahayakan keamanan hingga mencuri data pribadi yang tersimpan di smartphone.

Spyware merupakan perangkat lunak jahat yang secara diam-diam mengawasi aktivitas di HP kita, mencuri informasi pribadi, dan mengirimkannya ke pihak lain yang tidak sah. Tidak diragukan lagi bahwa spyware sangat berbahaya. Tetapi dengan pengetahuan dan tindakan yang tepat, kita dapat melindungi diri dari ancaman ini. Berikut ini adalah cara mendeteksi dan menghapus spyware dari HP Anda, sehingga Anda dapat menjaga data pribadi Anda tetap aman dan terlindungi.

Ciri-ciri HP yang Terserang Spyware

Spyware dapat memiliki kemampuan untuk merekam audio dan video pada smartphone, mencuri kata sandi, mengumpulkan informasi pribadi, melacak cookie, dan bahkan mencoba meretas akun.

Mengapa HP dapat terserang spyware? Spyware dapat dengan sengaja atau tanpa sengaja memasuki perangkat Android Anda, misalnya, saat Anda mengklik tautan pop-up. Umumnya spyware dapat memasuki smartphone tanpa diketahui.

Tanda-tanda bahwa perangkat Anda terinfeksi oleh malware diantaranya adalah smartphone menjadi panas dengan cepat dan mengalami penurunan kinerja. Selain itu baterai dan kuota data yang terkuras dengan cepat, serta munculnya iklan pop-up yang mengganggu secara berulang. Tanda-tanda lain yang harus diwaspadai adalah munculnya aplikasi yang tidak dikenali.

Biasanya, spyware berusaha untuk tetap tersembunyi dengan menghilang dari layar beranda setelah diinstal, tetapi terus aktif di latar belakang perangkat.

Cara Mudah Mendeteksi Spyware

Untuk mendeteksi adanya spyware di HP, langkah mudah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan verifikasi terhadap semua aplikasi yang telah diinstal pada HP Anda. Dengan langkah ini, Anda akan mengetahui apakah ada aplikasi tak dikenal yang tersembunyi di smartphone. Metode ini dilakukan melalui mode aman atau Safe Mode sebagai berikut:

  1. Pertama, tahan tombol daya perangkat Anda untuk mengakses opsi untuk mematikan ponsel.
  2. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol daya mati hingga muncul pilihan “Safe Mode” (Mode Aman), lalu ketuk opsi tersebut.
  3. Setelah perangkat Anda selesai di-restart dalam mode aman, buka menu “Pengaturan” dan navigasikan ke bagian “Aplikasi”.
  4. Telusuri daftar aplikasi yang tertera di sana, dan perhatikan dengan seksama aplikasi-aplikasi yang tidak Anda kenali.
  5. Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak Anda kenali, ketuk aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi “Uninstall” untuk menghapusnya. Setelah itu, reboot perangkat Anda kembali ke mode normal.

Ketika Anda mencari aplikasi yang tidak dikenali, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi sistem mungkin juga akan tercantum dalam menu “Aplikasi” di Pengaturan. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mencoba mencari informasi mengenai aplikasi tersebut secara online untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut aman untuk digunakan.

Scan HP dengan Antivirus

Selain cara di atas, cara lainnya adalah dengan memindai smartphone dengan menggunakan aplikasi antivirus untuk mendeteksi spyware. Antivirus dapat secara sistematis memeriksa setiap aplikasi dan file yang ada di ponsel Anda, mencari tanda-tanda aktivitas yang mencurigakan atau berpotensi berbahaya. Dengan melakukan pemindaian rutin, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi dan menghapus spyware sebelum dapat merusak keamanan dan privasi data pribadi Anda.

Artikel Terbaru

Tinggalkan komentar