Panduan Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya Lengkap

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

ac10tech.id – Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam . Sholat ini dilakukan pada malam hari setelah tidur dan memiliki banyak keutamaan yang luar biasa.

Bagi banyak orang, Sholat Tahajud adalah momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, dan meminta petunjuk dalam kehidupan sehari-hari.

Melakukan Sholat Tahajud secara rutin dapat membawa ketenangan batin dan memberikan kekuatan spiritual yang besar.

AC10 Tech akan memberikan panduan lengkap tentang cara sholat tahajud yang benar, termasuk tata cara, bacaan, dan beberapa yang bermanfaat. Kita akan membahas langkah demi langkah bagaimana melakukan Sholat Tahajud, baik itu dua rakaat sendiri di rumah, empat rakaat, serta kombinasi dengan Sholat Witir.

Dengan panduan ini, diharapkan setiap pembaca dapat memahami dan mengamalkan Sholat Tahajud dengan benar dan konsisten.

Shopee Promo Ads

Apa itu Sholat Tahajud?

Sholat Tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di malam hari setelah tidur. Sholat ini tidak termasuk sholat wajib, tetapi memiliki nilai yang sangat tinggi di mata Allah SWT.

Sholat Tahajud dilakukan setelah sholat Isya dan sebelum sholat Subuh, dengan waktu yang paling utama adalah sepertiga malam terakhir.

Dalam banyak hadits, Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan Sholat Tahajud karena keutamaannya yang besar, seperti mendapatkan kedekatan dengan Allah, pengampunan dosa, dan terkabulnya -doa.

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud sangat banyak dan dijelaskan dalam berbagai hadits Nabi Muhammad SAW. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mendapatkan Kedekatan dengan Allah SWT: Sholat Tahajud adalah momen untuk bermunajat dan mendekatkan diri kepada Allah.
  • Dosa-dosa Diampuni: Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang bangun di malam hari untuk beribadah, sehingga dosa-dosanya diampuni.
  • Doa Dikabulkan: Waktu Sholat Tahajud adalah waktu mustajab, di mana doa-doa yang dipanjatkan akan lebih mudah dikabulkan.
  • Ketenangan Jiwa: Melakukan Sholat Tahajud dapat membawa ketenangan dan kedamaian dalam hati serta pikiran.

Persiapan Sebelum Melakukan Sholat Tahajud

Sebelum memulai Sholat Tahajud, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar ibadah berjalan dengan khusyuk dan sempurna:

  • Niat yang Ikhlas: Pastikan niat melakukan Sholat Tahajud adalah karena Allah SWT, bukan karena ingin dipuji atau hal duniawi lainnya.
  • Tidur Terlebih Dahulu: Sholat Tahajud dilakukan setelah tidur malam, meskipun hanya sebentar.
  • Mempersiapkan Tempat Sholat: Pastikan tempat untuk sholat bersih dan nyaman.
  • Membaca Doa Bangun Tidur: Setelah bangun tidur, bacalah doa bangun tidur sebagai bentuk syukur atas nikmat kehidupan.

Tata Cara Sholat Tahajud

1. Melakukan Niat Sholat Tahajud

Niat adalah langkah pertama yang penting dalam melakukan sholat. Niat dilakukan di dalam hati dengan tujuan untuk melaksanakan Sholat Tahajud karena Allah SWT. Tidak perlu dilafalkan, cukup dihadirkan dalam hati.

2. Takbiratul Ihram

Berdiri tegak menghadap kiblat, lalu mengangkat kedua tangan setinggi telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar” (الله أكبر). Ini adalah tanda dimulainya sholat.

3. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, bacalah doa iftitah sebagai pembuka sholat:

سبحانك اللهم وبحمدك وتبارك اسمك وتعالى جدك ولا إله غيرك
Subhanaka Allahumma wa bihamdika, wa tabarakasmuka, wa ta'ala jadduka, wa la ilaha ghairuka.

4. Membaca Surah Al-Fatihah

Setelah doa iftitah, bacalah Surah Al-Fatihah dengan khusyuk:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِينَ
الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ المُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ
Amin.

5. Membaca Surah Pendek

Setelah membaca Surah Al-Fatihah, lanjutkan dengan membaca surah pendek dari Al-Qur'an. Misalnya, Surah Al-Ikhlas:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
اللَّهُ الصَّمَدُ
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ
وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

6. Rukuk

Setelah membaca surah pendek, lakukan rukuk dengan mengucapkan “Allahu Akbar”. Punggung harus rata dan tangan memegang lutut. Bacalah tasbih saat rukuk:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ
Subhana rabbiyal 'azim.

7. I’tidal

Bangkit dari rukuk dengan mengucapkan “Sami'allahu liman hamidah” dan diikuti dengan “Rabbana lakal hamd” sambil berdiri tegak.

8. Sujud

Dari posisi berdiri, sujud dengan mengucapkan “Allahu Akbar”. Tempatkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan jari-jari kaki di lantai. Bacalah tasbih saat sujud:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى
Subhana rabbiyal a'la.

9. Duduk di Antara Dua Sujud

Bangkit dari sujud dengan mengucapkan “Allahu Akbar” dan duduk di antara dua sujud sambil membaca:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاهْدِنِي وَارْزُقْنِي وَجْبُرْنِي وَعَافِنِي
Rabbighfir li, warhamni, wahdini, warzuqni, wajburni, wa 'afini.

10. Sujud Kedua

Lakukan sujud kedua seperti sujud pertama dengan membaca tasbih yang sama.

11. Berdiri untuk Rakaat Kedua

Bangkit dari sujud kedua untuk memulai rakaat kedua dan ulangi langkah-langkah yang sama seperti rakaat pertama dari membaca Surah Al-Fatihah hingga sujud kedua.

12. Tasyahhud Akhir dan Salam

Setelah selesai sujud kedua di rakaat kedua, duduklah untuk membaca tasyahhud akhir:

التحيات لله والصلوات والطيبات السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله

Setelah tasyahhud akhir, akhiri sholat dengan mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri:

السلام عليكم ورحمة الله

Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri di Rumah

Untuk melaksanakan Sholat Tahajud 2 rakaat sendiri di rumah, cukup ikuti tata cara yang telah dijelaskan di atas. Tidak ada perbedaan dalam langkah-langkahnya. Yang penting adalah niat yang ikhlas dan khusyuk dalam setiap gerakan dan bacaan sholat.

Cara Sholat Tahajud 4 Rakaat

Jika ingin melaksanakan Sholat Tahajud 4 rakaat, dapat dilakukan dengan dua cara:

  1. Dua Rakaat Dua Kali: Melaksanakan sholat 2 rakaat seperti biasa, kemudian salam dan dilanjutkan dengan 2 rakaat lagi.
  2. Empat Rakaat Sekaligus: Beberapa ulama membolehkan melaksanakan 4 rakaat sekaligus tanpa salam di tengah, namun disarankan untuk tetap melaksanakan dua rakaat salam kemudian dua rakaat lagi untuk lebih menjaga kekhusyukan.

Menggabungkan Sholat Tahajud dengan Sholat Witir

Setelah melaksanakan Sholat Tahajud, sangat dianjurkan

untuk menutup malam dengan Sholat Witir. Sholat Witir dapat dilakukan dalam jumlah rakaat ganjil seperti 1, 3, 5, 7, atau 9 rakaat. Cara yang paling umum adalah melaksanakan 3 rakaat dengan dua cara:

  1. Dua Rakaat Salam, Satu Rakaat Salam: Melaksanakan dua rakaat dengan tasyahhud dan salam, kemudian satu rakaat lagi dengan tasyahhud akhir dan salam.
  2. Tiga Rakaat Sekaligus: Melaksanakan tiga rakaat tanpa salam di tengah, dengan tasyahhud pada rakaat kedua dan akhir pada rakaat ketiga.

Kesimpulan

Sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin. Dengan niat yang ikhlas dan pelaksanaan yang khusyuk, Sholat Tahajud dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, dan meraih ketenangan batin.

Melaksanakan Sholat Tahajud bisa dilakukan dengan 2 rakaat, 4 rakaat, dan diikuti dengan Sholat Witir. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengamalkan Sholat Tahajud dengan benar. Selamat beribadah, dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi