Cara Agar VC Tidak Terjeda di HP dengan Mudah

Ditulis oleh Nursa A

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Cara Agar VC Tidak Terjeda – Komunikasi jarak jauh saat ini sangat mudah dan tidak hanya berupa panggilan suara saja, melainkan juga video atau dikenal dengan VC.

Ketika berlangsung, masing-masing perangkat akan merekam dan menampilkan apa yang terekam dari kamera dan mengirimkannya ke lawan bicara.

Tentu harapannya VC berjalan dengan lancar, tetapi bagaimana jika terjeda dalam waktu yang sebentar maupun lama?

Anda pasti merasa terganggu karena rekaman dari lawan bicara akan terhenti dan proses komunikasi akan terhambat.

Jangan salahkan terlebih dahulu HP sudah rusak berat atau semacamnya, bisa jadi hanya perlu sedikit perbaikan.

Masalah ini dapat terjadi karena berbagai faktor, entah itu jaringan, HP tidak kuat, ataupun masalah kamera.

Baca Juga Cara Menyalakan Flash Belakang Saat Video Call

Penjelasan cara agar VC tidak terjeda akan kami sampaikan, bagi Anda yang tertarik ingin mengetahuinya maka perlu menyimak dengan baik.

1. Restart Perangkat

Cara Agar VC Tidak Terjeda Ampuh
Restart Perangkat

Cara simpel Cara Agar VC Tidak Terjeda ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah dan hasilnya pun terkadag cukup ampuh.

Jika VC Anda terjeda dengan sendirinya dan sudah sangat tidak nyaman, lakukan restart atau reboot smartphone.

Meski akan menghentikan video call, tetapi daripada VC membuat tidak nyaman tidak ada salahnya restart HP sebentar dan coba lagi.

Performa perangkat akan lebih ringan daripada sebelumnya karena belum banyak aplikasi yang berjalan.

Anda bisa manfaatkan dengan hanya membuka aplikasi video call saja supaya lebih lancar dan tidak terjeda lagi.

Namun, untuk masalah yang lebih kompleks dengan cara restart saja terkadang tidak berpengaruh. Perlu tindakan lebih lanjut seperti dengan cara yang akan dijelaskan berikutnya.

Baca Juga Cara Video Call Whatsapp Sambil Buka Aplikasi Lain

2. Memaksimalkan Ruang RAM

Pada saat sedang video call akan menggunakan aplikasi seperti Telepon, WhatsApp, sesuai yang Anda gunakan.

Penggunaan aplikasi sangat membutuhkan RAM yang cukup supaya berjalan dengan lancar, jika tidak bisa terjadi lag dan macet.

Jika ini terjadi pada aplikasi yang Anda gunakan untuk video call, maka bisa menyebabkan VC terjeda begitu saja.

Atasi ini dengan membuat ruang kosong RAM lebih banyak, yakni menghentikan aplikasi yang masih berjalan di latar belakang.

Cek di menu Pengaturan Memory apakah ada aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan sedang berjalan, langsung hentikan apabila Anda menemukannya.

Dengan seketika ruang kosong RAM akan bertambah jika aplikasi sudah berhasil dihentikan, apalagi jika aplikasi tersebut memakan banyak RAM.

Lakukan ini saat sedang maupun sebelum melakukan video call supaya lancar tidak terjadi di tengah-tengah asik mengobrol.

2. Gunakan Jaringan yang Bagus

Untuk panggilan video biasanya menggunakan koneksi dan sangat bergantung pada kecepatan dan kestabilan jaringannya.

Anda perlu menggunakan jaringan yang bagus baik dari data seluler atau WiFi untuk menghasilkan gambar yang bagus dan suara jelas ketika sedang VC.

Tetapi jaringan yang cepat saja tidak cukup, harus stabil selama VC berlangsung. Apabila jaringan tiba-tiba drop akan mengakibatkan video call tersendat hingga terjeda.

Pertimbangkan penggunaan WiFi yang memiliki koneksi lebih baik daripada jaringan seluler dan jarak perangkat dengan WiFi tidak terlalu jauh.

3. Pastikan Kamera Tidak Bermasalah

Kamera harus bekerja dengan baik jika ingin video yang dikirimkan ke lawan bicara pada saat VC tampil dengan jelas.

Jika teman atau orang yang Anda VC mengeluhkan video dari Anda tersendat atau patah-patah mungkin saja ada masalah pada kamera.

Terutama jika sudah Anda cek ternyata jaringan bagus, performa juga masih sangat mumpuni untuk melakukan panggilan video.

Karena masalah sistem yang perlu diperbarui atau kerusakan fisik kamera membuat VC terjeda atau masalah lainnya.

Baca Juga Cara Video Call tanpa Jaringan Internet

4. Update Aplikasi

Aplikasi video call yang Anda gunakan ungkin sudah lama tidak diperbarui dan menyebabkan masalah, misalnya ketika video call dengan pengguna yang sudah menggunakan aplikasi versi terbaru.

Segera update aplikasi tersebut, jika Anda menggunakan WhatsApp, maka download aplikasi video terbarunya di atau App Store.

Begitu dengan aplikasi video call lain yang Anda gunakan. Tidak hanya memperbaiki masalah VC terjeda, melainkan akan mendapatkan fitur terbaru.

Yang harus Anda siapkan salah satunya adalah internet untuk mengunduh pembaruan aplikasi VC.

5. Aplikasi yang Bermasalah

Selain dari jaringan atau perangkat yang digunakan, aplikasi yang digunakan juga bisa dicurigai menjadi penyebab VC terjeda.

Mungkin saja aplikasi sedang tidak stabil atau mengalami gangguan. Anda bisa menanyakan langsung ke support aplikasi tersebut.

Atau, coba tanyakan ke pengguna aplikasi VC yang sama aplikasi mengalami gangguan dimana video call tersendat atau tidak.

Jika sama-sama mengalaminya, ada kemungkinan aplikasi memang sedang gangguan sehingga perlu menunggu sampai normal kembali.

Jangan biarkan pembicaraan penting Anda terganggu dengan mengetahui cara agar VC tidak terjeda dengan ampuh.

Beberapa Cara Agar VC Tidak Terjeda di atas adalah rekomendasi umum yang bisa dicoba demi kenyamanan dalam melakukan video call.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi