Kejutan Euro 2024, Swiss Taklukkan Italia di Babak 16 Besar

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Swiss Lolos ke Perempat Final 2024 Setelah Mengalahkan 2-0.

Swiss menciptakan kejutan besar di babak 16 besar dengan mengalahkan juara bertahan Italia 2-0 di Olympiastadion, Berlin, pada Sabtu (29/6). Pertandingan ini menampilkan dominasi Swiss sejak awal dan menegaskan kekuatan mereka di turnamen ini.

Sejak peluit pertama dibunyikan, Swiss tampil dengan penuh percaya diri dan menguasai jalannya pertandingan. Tim asuhan Murat Yakin ini menunjukkan strategi yang rapi dan serangan yang terkoordinasi dengan baik, membuat Italia kesulitan untuk menemukan ritme permainan mereka.

Beberapa peluang emas berhasil diciptakan Swiss, tetapi kiper Italia Gianluigi Donnarumma tampil cemerlang dengan beberapa penyelamatan penting.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-37 ketika Remo Freuler berhasil mencetak gol pertama untuk Swiss. Berawal dari umpan silang Ruben Vargas, Freuler yang masuk dari lini kedua dengan cerdik memanfaatkan celah di pertahanan Italia.

Meski Gianluca Mancini mencoba menghalangi dengan blok yang berani, Freuler tetap berhasil menembakkan bola ke gawang dari jarak dekat.

Di babak kedua, Italia berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Namun, Swiss kembali mengejutkan dengan gol cepat di menit ke-46. Vargas, yang menerima bola dari Michael Aebischer, berhasil mengelabui pertahanan Italia yang tampak kurang siap.

Bek-bek Italia hanya bisa mengamati tanpa memberikan pressing ketat, sehingga Vargas dengan mudah mengonversi peluang tersebut menjadi gol kedua Swiss.

Tertinggal dua gol, Italia mencoba berbagai cara untuk membalikkan keadaan. Pelatih Luciano Spalletti memasukkan sejumlah pemain pengganti seperti Mateo Retegui, Andrea Cambiaso, Lorenzo Pellegrini, dan Davide Frattesi untuk menambah daya serang.

Namun, usaha tersebut tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Peluang terbaik Italia hanya datang dari kesalahan pemain Swiss, seperti pada menit ke-53 saat Fabian Schar salah mengantisipasi bola yang hampir saja berbuah gol bunuh diri.

Di sisi lain, pelatih Swiss Murat Yakin dengan percaya diri mulai menarik pemain-pemain kunci untuk disimpan di pertandingan berikutnya. Ini menunjukkan betapa yakinnya Yakin bahwa keunggulan mereka dapat dipertahankan hingga akhir laga.

Keputusan ini terbukti tepat, karena Swiss berhasil menjaga keunggulan 2-0 hingga pertandingan usai, tanpa memberikan ancaman serius bagi Donnarumma di sisa waktu yang ada.

Perjalanan Italia di Euro 2024 terhenti di babak 16 besar dengan catatan yang kurang memuaskan. Dari empat pertandingan, mereka hanya meraih satu kemenangan dan mengalami dua kekalahan, termasuk kekalahan dari Swiss.

Menariknya, dua kekalahan Italia di turnamen ini terjadi karena aksi pemain-pemain Bologna, klub Serie A Italia. Salah satu momen yang menjadi sorotan adalah gol bunuh diri oleh Riccardo Calafiori saat melawan Spanyol di fase grup.

Dengan kemenangan ini, Swiss berhasil melaju ke perempat final Euro 2024 dan akan menjadi salah satu tim yang patut diwaspadai oleh lawan-lawannya.

Pertandingan selanjutnya akan menjadi ujian berikutnya bagi Swiss untuk membuktikan bahwa mereka bukan hanya sekadar tim kejutan, tetapi juga penantang serius di turnamen ini.

Swiss (3-5-2)

Yann Sommer;
Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez;
Michael Aebischer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Fabian Rieder (Leonidas Stergiou 72;
Ruben Vargas (Steven Zuber 71), Dan Ndoye (Vincent Sierro 77);
Breel Embolo (Kwadwo Duah 77)

Italia (4-3-3)

Gianluigi Donnarumma;
Giovanni Di Lorenzo, Gianluca Mancini, Alessandro Bastoni, Matteo Darmian (Andrea Cambiaso 75);
Bryan Cristante (Lorenzo Pellegrini 75), Nicolo Fagioli (Davide Frattesi 86), Nicolo Barella (Mateo Retegui 64);
Federico Chiesa, Gianluca Scamacca, Stephan El Sharaarawy (Mattia Zaccagni 46)

Untuk informasi lebih lanjut dan terbaru seputar teknologi dan olahraga, kunjungi situs kami di AC10 Tech.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru