Belajar Mengenal Komponen Smartphone dan Fungsinya

Ditulis oleh Sandy Riadi

Seorang Web Developer Dan Konten Kreator Ternama Di Indonesia, Follow For More.

Artikel ac10tech.id
5 dari 52222 votes

Komponen dan Fungsinya – Sering kita mendengar kalimat komponen. Komponen sendiri merupakan keseluruhan atau unsur yang membentuk suatu sistem atau kesatuan. Misalnya saja komponen komputer, komponen elektronika, atau komponen smartphone. Artinya segala keseluruhan dalam benda tersebut.

Biasanya komponen-komponen ini juga disebut dengan hardware atau perangkat keras pada suatu device.

Kali ini, akan dibahas komponen smartphone pada Samsung Galaxy 2 sebagai contoh. Komponen-komponen ini tentunya memiliki fungsi tertentu.

Komponen-Komponen Smartphone dan Fungsinya

Komponen Smartphone dan Fungsinya
Komponen Smartphone dan Fungsinya

Di bawah ini merupakan komponen dari Samsung Galaxy 2.

1. SIM Card

Sim Card
Sim Card

SIM Card adalah identitas diri dari sebuah ponsel yang sedang aktif. SIM Card ini tergantung pada provider penyedia SIM Card. Dan saat ini, kepemilikan SIM Card tidak bisa sembarangan, melainkan harus registrasi dengan identitas diri yang sebenarnya.

Pada Samsung Galaxy 2 ini, memiliki ruangan untuk menyimpan SIM Card. Dengan menggunakan untuk micro SIM Card.

2. Headset Port

Headset Port
Headset Port

Port headset adalah lubang khusus yang digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan headset. Digunakan untuk mendengarkan suara dari smartphone supaya lebih jelas. Sehingga, ketika mendengarkan lagu, menonton video, atau bermain game, dapat terdengar dengan jelas dengan headset.

3. IC RF Processor

IC RF Processor
IC RF Processor

IC RF Processor adalah komponen yang berfungsi untuk mengontrol sinyal RX (penerimaan) dan sinyal TX (pemancaran). Sehingga, setiap bagian dapat bekerja dengan baik dan tepat.

4. CPU

CPU
CPU

Sama halnya dengan komputer, smartphone pun memiliki CPU. CPU dapat dikatakan sebagai komponen utama smartphone, yang menjadi pusat pemrosesan atau pengolahan data yang ada pada seluruh komponen smartphone. Singkatnya, memberikan perintah kepada komponen untuk melakukan sesuatu.

5. IC Charge

IC Charge
IC Charge

IC Charge adalah komponen yang digunakan untuk menyalurkan tegangan listrik ke dalam smartphone, sehingga dapat melakukan pengisian .

6. Camera

Camera
Camera

Camera saat ini menjadi komponen yang sangat diperhitungkan bagi customer ketika membeli smartphone. Camera berfungsi untuk menghasilkan gambar dan video dan mengabadikannya di dalam smartphone dalam bentuk digital.

7. Speaker

digunakan untuk menghasilkan suara, sehingga dapat didengarkan oleh banyak orang. Suara yang dihasilkan oleh berasal dari gelombang listrik yang diolah.

8. IC Flash

IC Flash
IC Flash

IC Flash adalah komponen yang berisi data – data , misalnya tipe smartphone, versi, tahun pembuatan, isi menu, bahasa, nada dering, dan lainnya. Data IC Flash ini mudah untuk di upgrade, atau diubah melalui yang tersedia untuk semua tipe smartphone. Caranya adalah dengan menyambungkan smartphone dengan laptop atau komputer menggunakan kabel data.

9. Random Access Memory

Random Access Memory
Random Access Memory

Random Access Memory atau biasa dikenal dengan RAM adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan suatu data yang bersifat sementara. Selain itu, RAM juga digunakan untuk membantu produktifitas CPU.

10. Volume

Volume
Volume

Volume ini digunakan untuk menurunkan dan menaikkan suara yang dihasilkan dari smartphone.

11. LCD Connector

LCD Connector
LCD Connector

LCD Connector adalah penghubung ke LCD, yang berfungsi untuk menampilkan segala kegiatan dan aktifitas yang dilakukan pada perangkat handphone.

Demikian itulah pengenalan komponen-komponen dan fungsi yang ada di Samsung Galaxy 2. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca.

Artikel Terbaru