Panduan SIMPKB Lengkap (Login, Daftar, Lupa Password) 2023

Ditulis oleh Nursa A

Seorang Web Developer Dan Konten Kreator Ternama Di Indonesia, Follow For More.

Artikel ac10tech.id
5 dari 52222 votes

Panduan SIMPKB Guru GTK Lengkap dengan Cara Login, Cara Daftar, Mengatasi Lupa Terbaru 2023 – SIMPKB adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Simpkb adalah sebuah platform digital yang dibuat untuk membantu masyarakat dalam mengakses informasi tentang pendidikan dan pelatihan kerja berbasis kompetensi bagi guru.

Simpkb juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang membantu pengguna untuk memilih dan mengikuti pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tidak hanya itu, Simpkb juga memudahkan para pengajar dan pelatih untuk membuat program pelatihan yang dapat diakses secara online.

Lihat juga Cara Cek Info GTK

Dengan adanya Simpkb, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan guru di Indonesia.

Tentang SIMPKB GTK Kemendikbud

SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) adalah sebuah platform digital yang bertujuan untuk memberikan informasi dan memudahkan akses pada pelatihan dan pendidikan kerja berbasis kompetensi bagi guru. Platform ini dikelola oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Kemendikbud.

Simpkb memiliki beberapa fitur, seperti pencarian pelatihan dan pendidikan berbasis kompetensi, pencarian lembaga penyedia pelatihan, pengajuan sertifikasi kompetensi, dan juga pelaporan kemajuan peserta pelatihan guru.

Fitur SIMPKB

Pencarian Pelatihan dan Pendidikan Berbasis Kompetensi

Simpkb menyediakan fitur pencarian pelatihan dan pendidikan berbasis kompetensi bagi Guru. Dalam fitur ini, pengguna dapat mencari pelatihan dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Pengguna dapat memilih kategori pelatihan dan pendidikan yang ingin diikuti, seperti pelatihan teknis, pelatihan manajemen, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna juga dapat memilih jenjang pendidikan, tingkat kesulitan, dan lokasi pelatihan yang diinginkan.

Pencarian Lembaga Penyedia Pelatihan

Simpkb juga menyediakan fitur pencarian lembaga penyedia pelatihan. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari lembaga yang menyediakan pelatihan dan pendidikan berbasis kompetensi.

Dalam fitur ini, pengguna dapat mencari lembaga berdasarkan lokasi, kategori pelatihan, dan nama lembaga.

Pengajuan Sertifikasi Kompetensi

Simpkb juga menyediakan fitur pengajuan sertifikasi kompetensi bagi Guru. Dalam fitur ini, pengguna dapat mengajukan sertifikasi kompetensi untuk bidang kerja tertentu.

Setelah pengajuan sertifikasi kompetensi, pengguna akan diuji kemampuannya dan akan diberikan sertifikat jika dinyatakan lulus.

Pelaporan Kemajuan Peserta Pelatihan

Simpkb juga dilengkapi dengan fitur pelaporan kemajuan peserta pelatihan. Dalam fitur ini, peserta pelatihan dapat melaporkan kemajuan dan prestasi yang telah dicapai selama mengikuti pelatihan.

Laporan kemajuan peserta pelatihan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan pengembangan program pelatihan selanjutnya.

Panduan Penggunaan SIMPKB Lengkap 2023

SIMPKB GTK Kemdikbud
SIMPKB GTK Kemdikbud

Untuk menggunakan SIMPKB, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Pengguna bisa daftar dan login menggunakan akun SIMPKB dan akun Belajar.id.

Nah berikut ini adalah panduan penggunaan Simpkb lengkap:

Cara Daftar SIMPKB KEMDIKBUD

Cara Daftar SIMPKB KEMDIKBUD
Cara Daftar SIMPKB KEMDIKBUD

Berikut ini cara daftar akun SIMPKB di KEMDIKBUD:

  1. Buka resmi Simpkb di https://www.simpkb.id/.
  2. Klik tombol “Daftar” pada halaman utama.
  3. Isi data diri dan informasi yang diminta pada form pendaftaran, seperti nama lengkap, alamat , nomor telepon, dan lain sebagainya.
  4. Setelah mengisi seluruh informasi yang diminta, klik tombol “Daftar” di bagian bawah form pendaftaran.
  5. Verifikasi akun melalui yang dikirimkan ke alamat yang telah didaftarkan.
  6. Setelah verifikasi selesai, pengguna sudah dapat mengakses seluruh fitur Simpkb.

Lihat juga Cara Daftar KIS Gratis Online Lewat HP

Cara Daftar Belajar.id

Cara Daftar Akun Belajar.id
Cara Daftar Akun Belajar.id

Untuk dapat mengakses materi-materi pelatihan yang tersedia di Simpkb, pengguna harus terlebih dahulu mendaftar di Belajar.id. Berikut adalah panduan untuk mendaftar di Belajar.id:

  1. Buka resmi Belajar.id di https://www.belajar.id/.
  2. Klik tombol “Daftar” pada halaman utama.
  3. Isi data diri dan informasi yang diminta pada form pendaftaran, seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan lain sebagainya.
  4. Setelah mengisi seluruh informasi yang diminta, klik tombol “Daftar” di bagian bawah form pendaftaran.
  5. Verifikasi akun melalui yang dikirimkan ke alamat email yang telah didaftarkan.
  6. Setelah verifikasi selesai, pengguna sudah dapat mengakses seluruh materi pelatihan yang tersedia di Belajar.id.

Cara Login dengan Akun SIMPKB dan Akun Belajar.id

Cara Login dengan Akun SIMPKB dan Akun Belajar id
Cara Login dengan Akun SIMPKB dan Akun Belajar id

Setelah mendaftar di Simpkb dan Belajar.id, pengguna dapat masuk ke platform tersebut menggunakan akun yang telah didaftarkan. Berikut adalah panduan untuk login dengan akun Simpkb dan akun Belajar.id:

  1. Buka website resmi Simpkb di https://www.simpkb.id/ atau Belajar.id di https://www.belajar.id/.
  2. Klik tombol “Login” pada halaman utama.
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah didaftarkan pada form login.
  4. Klik tombol “Masuk” di bagian bawah form login.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi SIMPKB

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi SIMPKB
Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi SIMPKB

Jika pengguna lupa kata sandi, pengguna dapat melakukan reset kata sandi melalui email yang telah didaftarkan pada akun tersebut. Berikut adalah panduan untuk atasi lupa kata sandi:

  1. Pada halaman login, klik tombol “Lupa Kata Sandi”.
  2. Masukkan alamat email yang terdaftar pada form reset kata sandi.
  3. Klik tombol “Kirim” untuk mengirimkan link reset kata sandi ke alamat email yang telah didaftarkan.
  4. Buka email yang telah dikirimkan oleh Simpkb atau Belajar.id dan ikuti instruksi pada email tersebut untuk mereset kata sandi.

Akhir Kata

Simpkb merupakan sebuah platform digital yang bertujuan untuk memberikan informasi dan memudahkan akses pada pelatihan dan pendidikan kerja berbasis kompetensi bagi Guru.

Dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, Simpkb dapat menjadi solusi bagi para pekerja yang ingin meningkatkan kemampuan dan kompetensi Guru.

Simpkb memiliki berbagai fitur seperti akses ke berbagai materi pelatihan, pengujian kompetensi, dan sertifikasi. Untuk dapat mengakses seluruh fitur tersebut, pengguna harus terlebih dahulu mendaftar di Simpkb atau Belajar.id.

Proses pendaftaran Simpkb dan Belajar.id sangat mudah dan tidak memerlukan biaya apapun. Setelah mendaftar, pengguna dapat langsung mengakses seluruh fitur Simpkb dan Belajar.id.

Dalam era digital seperti sekarang, belajar tidak hanya dapat dilakukan secara tradisional. Platform digital seperti Simpkb dan Belajar.id dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi kerja.

Dengan adanya Simpkb ini, para pekerja dapat mengakses pelatihan dan sertifikasi secara mudah dan efisien.

Sekian dan semoga artikel ac10tech.id ini dapat membantu para pekerja untuk mengetahui lebih banyak tentang Simpkb dan memanfaatkannya untuk meningkatkan karier mereka. Terimakasih dan salam sukses.

Artikel Terbaru