Destinasi Wisata Aceh untuk Liburan Keluarga 2023

Ditulis oleh Sandy Riadi

Seorang Web Developer Dan Konten Kreator Ternama Di Indonesia, Follow For More.

Artikel ac10tech.id
5 dari 52222 votes

Ketika datang ke Aceh, Anda akan menemukan banyak spot wisata menarik terutama keindahan alamnya. Tidak heran, karena Aceh memang berada di antara Samudera Hindia serta Selat Malaka.

Aceh bisa menjadi tujuan untuk liburan bersama keluarga. Selain menikmati keindahan dan fasilitasnya, akan kurang lengkap jika tidak mencicipi berbagai makanan khasnya.

Beberapa rekomendasi destinasi wisata di Aceh berikut mungkin bisa menjadi tujuan liburan, mulai dari pantai, museum, dan lainnya.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Rekomendasi yang pertama adalah Masjid Raya Baiturrahman yang telah ada sejak tahun 1600 an silam.

Masjid yang dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda ini dapat menampung hingga 1900 jamaah, untuk di bagian luar sendiri memiliki taman yang sangat menakjubkan.

Lokasi Masjid Raya Baiturrahman berada di Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

2. Museum Tsunami

Museum Tsunami
Museum Tsunami

Mungkin Anda ingat Tsunami yang terjadi di Aceh tahun 2004 lalu yang menelan banyak korban jiwa. Di tempat ini Anda akan melihat berbagai foto mengenai tsunami, nama-nama korban, alat peraga, dan juga maket.

Perlu Anda ketahui bahwa Museum ini didesain oleh Ridwan Kamil yang pada waktu itu memang berprofesi sebagai arsitek.

Ada beberapa tingkat yang ada di Museum Tsunami dan setiap tingkat memiliki suasana tersendiri, ketika liburan ke Aceh maka tidak boleh kelewatan tempat wisata ini.

Harga tiket masuknya juga sangat murah, yaitu sekitar Rp 2.000 sampai Rp 10.000 sehingga tidak terlalu menguras uang liburan Anda.

Lokasi Museum Tsunami berada di Jl. Sultan Iskandar Muda, No. 3, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

3. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata di Aceh selanjutnya ada Air Terjun Blang Kolam yang memiliki keindahan yang akan membuat pikiran tenang, apalagi udaranya yang sejuk akan sangat cocok untuk bersantai.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 75 meter ini memiliki kedalaman sekitar 1 atau 3 meter. Anda perlu melakukan trekking terlebih dahulu dengan menuruni anak tangga agar sampai di lokasi yang masih asri ini.

Tidak cuma menikmati keindahan dan bermain air saja, para wisatawan juga bisa camping bersama komunitas dan rasakan keseruannya.

Alamat Air Terjun Blang Kolam berada di Sido Muliyo, Kec. Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

4. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga
Pantai Lhoknga

Jika Anda hobi liburan ke pantai, jangan lupa mampir ke Lhoknga yang menawarkan keindahan hamparan pasir berwarna putih serta air laut biru.

Banyak wisatawan yang berselancar atau surfing di pantai ini dan pastinya tidak lupa untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto maupun video.

Untuk tiket masuk di objek wisata Pantai Lhoknga ini dibanderol dengan harga Rp 15.000. Jadi tunggu apa lagi, langsung kunjungi lokasinya di kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

5. Danau Laut Tawar

Danau Lut Tawar
Danau Lut Tawar

Di Aceh juga terdapat danau luas yang terlihat seperti lautan namun airnya tawar. Itulah kenapa nama tempat wisata ini adalah Danau Laut Tawar.

Di pinggirannya terdapat perbukitan hijau yang sangat indah. Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu motor jika ingin berkeliling danau.

Namun, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang karena kedalamannya yang mencapai 80 meter sehingga sangat berisiko.

Lokasi Laut Tawar bisa Anda kunjungi di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

6. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah

Daftar wisata di Aceh selanjutnya adalah Pulau Rubiah yang berada di Kota Sabang, Aceh. Anda akan melihat panorama alam yang luar biasa indah.

Ini benar-benar cocok untuk healing dengan menikmati keindahan dan udara sejuknya, terlebih jika Anda mengajak keluarga ataupun teman.

7. Air Terjun Terujak

Air Terjun Terujak
Air Terjun Terujak

Air terjun Terujak merupakan tempat wisata alam di Aceh dengan ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki aliran air yang jernih.

Di tempat ini juga terdapat kolam pemandian air panas alami yang akan membuat Anda rileks setelah bermain air di sekitaran air terjun.

Pemandangan yang ada di sekitarnya juga masih asri dan cocok dijadikan sebagai background foto selfie Anda.

Apalagi untuk datang ke tempat ini Anda tidak ada biaya tiket masuk sehingga Anda tidak usah memikirkan masalah biaya untuk menikmati liburan di Air Terjun Terujak bersama teman.

Jika penasaran ingin merasakan langsung seperti apa keindahannya, langsung datang saja ke lokasinya yang berada di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, Langsa, Aceh.

Mungkin itu saja sejumlah rekomendasi Aceh yang dapat kami sampaikan. Selain 7 list di atas, masih ada banyak objek wisata menarik yang berada di Aceh yang cocok untuk mengisi waktu liburan.

Ingin mengetahui detinasi wisata yang ada di daerah lain? Kami memiliki rekomendasinya yang bisa Anda cek hanya di situs ini.

Artikel Terbaru