Ajukan Pertanyaan Disini

Kecelakaan Pesawat Latih di BSD, Tragedi dan Investigasi Mendalam

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

ac10tech.id, Kecelakaan Pesawat Latih di BSD – Pada Minggu (19/5/2024), sebuah pesawat latih mengalami kecelakaan tragis di kawasan Lapangan Sunburst, Bumi Serpong Damai (BSD), Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Kejadian ini mengakibatkan tiga orang kehilangan nyawa.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi, menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas peristiwa tersebut. “Korban tiga orang meninggal. Kami turut prihatin atas peristiwa ini,” ungkapnya saat konfirmasi, Minggu.

Kronologi Kejadian

Berdasarkan informasi awal, dua dari tiga korban tewas ditemukan masih berada di dalam pesawat, sementara satu korban lainnya ditemukan tergeletak di tepi jalan. Pesawat yang mengalami kecelakaan adalah jenis Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP.

Namun, hingga saat ini, penyebab pasti jatuhnya pesawat tersebut masih belum diketahui. “Yang jatuh ini pesawat Cessna, pesawat latih. Tim kami juga sedang menuju lokasi,” kata Kepala Seksi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) DKI , Agung Priambodo, meskipun terjadi ketidaktepatan dalam jenis pesawat yang disebutkan.

Menurut Agung, pesawat tersebut sempat hilang kontak sebelum kecelakaan. “Pesawat ini lost contact pukul 14.43 WIB. Itu komunikasi terakhir. Penyebab jatuhnya kami masih koordinasi,” ujar Agung lebih lanjut.

Proses Evakuasi dan Investigasi

Kecelakaan Pesawat Latih di BSD, Sumber Foto Kompas.com
Kecelakaan Pesawat Latih di BSD, Sumber Foto Kompas.com

Dari foto yang beredar, terlihat pesawat mengalami kerusakan parah. Di lokasi kejadian, warga sekitar segera membantu evakuasi korban. Hingga pukul 15.26 WIB, satu jenazah telah berhasil dievakuasi oleh tim gabungan yang terdiri dari polisi, TNI, dan petugas pemadam kebakaran Tangerang Selatan.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga telah tiba di lokasi untuk memeriksa kondisi pesawat dan mengidentifikasi penyebab kecelakaan. Selain itu, enam ambulans disiagakan untuk membantu proses evakuasi dan penanganan korban.

Upaya dan Langkah Lanjut

Tim penyelidik dari KNKT akan melakukan investigasi menyeluruh untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat. Investigasi ini melibatkan analisis komunikasi terakhir pesawat, pemeriksaan kondisi teknis pesawat, serta evaluasi kondisi cuaca saat kejadian.

Insiden ini mengingatkan kita akan pentingnya keselamatan dalam penerbangan, khususnya bagi pesawat latih yang sering digunakan untuk melatih pilot baru. Langkah-langkah pencegahan dan peningkatan prosedur keselamatan menjadi sangat penting untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Kami akan terus memantau perkembangan terbaru dari investigasi ini dan memberikan informasi terkini kepada pembaca.

Untuk pembaruan lebih lanjut, tetaplah terhubung dengan situs kami dan pastikan mendapatkan informasi dari sumber terpercaya. Kami berkomitmen untuk memberikan terkini yang akurat dan bermanfaat bagi Anda.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Daftar isi