AC10 TikTok Downloader

Download Lagu dan Video TikTok Tanpa Watermark

Get it on Google Play

5 Langkah Sederhana Mengatur Chatbot di Whatsapp Tanpa Coding

Ditulis oleh Sandy Riadi

Seorang Web Developer & Konten Kreator Ternama di Indonesia, Follow Klik tombol Bintang.

follow icon Follow Us

Dari Author: Selama 9 tahun AC10 Tech selalu berusaha memberikan informasi terbaru dan akurat bagi pembaca. Kami ahli dan bersemangat dalam bidang ini. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.

Bagi pemilik usaha, WhatsApp chatbot memiliki sejumlah manfaat bagi bisnisnya. Dengan adanya chatbot, pelaku usaha dapat memberikan pelayanan pelanggan yang responsif dan tersedia 24/7 tanpa harus mengandalkan interaksi manusia.

Namun demikian, masih banyak pebisnis yang kebingungan dalam mengatur WhatsApp chatbot untuk bisnisnya.

Dalam artikel ini, kita akan belajar cara sederhana membangun chatbot di WhatsApp tanpa coding. Simak sampai akhir dan tingkatkan efisiensi dan pelayanan pelanggan Anda!

Apa Definisi WhatsApp Chatbot?

WhatsApp chatbot merupakan program komputer yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna melalui aplikasi WhatsApp.

WhatsApp chatbot menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan pemrograman untuk memberikan respons otomatis atas pesan yang diterima, seperti menjawab pertanyaan umum, memberikan informasi tentang produk atau layanan, serta mengarahkan pengguna ke layanan yang tepat.

Bagi bisnis, WhatsApp chatbot menjadi alat yang memungkinkan mereka untuk mengotomatiskan sebagian besar komunikasi yang terjalin di WhatsApp.

Contohnya, pebisnis kecil menggunakan chatbot untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan mereka kepada pelanggan potensial, menjawab pertanyaan umum, atau bahkan menerima pesanan.

Dengan menggunakan chatbot, mereka dapat meningkatkan efisiensi komunikasi mereka, memberikan layanan pelanggan yang responsif, dan memperluas jangkauan bisnis mereka tanpa harus mengorbankan waktu dan sumber daya yang berharga.

Apa Manfaat WhatsApp Chatbot untuk Bisnis?

WhatsApp chatbot dapat memberikan berbagai manfaat bagi pebisnis.

Pertama, peningkatan efisiensi di mana pebisnis dapat mengotomatiskan beberapa aspek komunikasi, seperti menyediakan informasi dasar tentang produk atau layanan, menjawab pertanyaan umum, atau mengirimkan pesan pengingat.

Kemudian, adanya chatbot juga menjadikan pebisnis siap sedia setiap saat untuk pelanggannya tanpa mengandalkan interaksi manusia. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena tingkat respons yang cepat dan tinggi.

Selain itu, WhatsApp chatbot juga menghemat waktu dan biaya. Dibandingkan dengan menyediakan dukungan pelanggan melalui saluran komunikasi tradisional karena beberapa proses komunikasi dapat diotomatiskan.

Tidak lupa terkait skalabilitas. Whatsapp chatbot dapat dengan mudah disesuaikan dengan pertumbuhan bisnis atau kebutuhan komunikasi yang meningkat. Pebisnis dapat menangani volume pesan yang lebih besar tanpa mengalami penurunan kualitas layanan.

Terakhir, chatbot berguna untuk analisis dan pembelajaran. Chatbot dapat memberikan data dan analisis tentang interaksi dengan pelanggan, seperti pola pertanyaan yang paling umum atau tren permintaan. Informasi ini dapat membantu target audiens pebisnis untuk memahami lebih baik kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka

Karenanya, WhatsApp chatbot dapat menjadi alat yang krusial bagi pebisnis dalam meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas pelayanan pelanggan, serta mengoptimalkan komunikasi mereka dengan pelanggan dan mitra bisnis.

5 Langkah Membangun WhatsApp Chatbot Tanpa Coding

Memahami aplikasi bisnis whatsapp

WhatsApp menawarkan tiga pilihan, yaitu WhatsApp reguler, WhatsApp Business, API WhatsApp Business.

Aplikasi WhatsApp reguler ideal untuk komunikasi pribadi, seperti menjaga hubungan dengan teman dan keluarga. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menggunakan otomatisasi jika menggunakan WhatsApp reguler.

Sementara itu, WhatsApp untuk Bisnis adalah aplikasi pesan gratis yang dirancang untuk bisnis kecil dan pemilik individu untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka.

Namun, jika basis pelanggan berkembang pesat, aplikasi WhatsApp Bisnis tidak akan mampu menangani volume pesan yang tinggi. Saat itulah pebisnis perlu menggunakan API WhatsApp Bisnis.

WhatsApp Business API, juga dikenal sebagai Platform Bisnis WhatsApp yang tidak memiliki antarmuka depan (User Interface). Platform ini dirancang untuk bisnis menengah dan besar dengan kebutuhan komunikasi yang canggih; yang akan kita bahas dalam panduan langkah demi langkah ini.

Penting untuk memahami bahwa WhatsApp Business API memiliki karakteristik berikut:

  • Bekerja di PC
  • Mendukung pesan siaran dengan jumlah pengguna tak terbatas
  • Memulai percakapan hanya dengan pengguna yang telah mendaftar
  • Komunikasi media yang kaya dengan fitur canggih, seperti alat otomatisasi chatbot.
  • Dapat terhubung ke beberapa nomor telepon
  • Dapat diintegrasikan dengan CRM, CMS, aplikasi, dan platform omnichannel
  • Mendukung lebih dari 5 perangkat
  • Biaya berdasarkan percakapan

Memilih platform yang tepat

Cara paling mudah untuk membuat WhatsApp chatbot dengan tanpa coding ialah menggunakan platform WhatsApp CRM.

WhatsApp CRM adalah perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang terintegrasi dengan API WhatsApp Bisnis agar bisnis bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan melalui satu dasbor.

Berbagai bisnis telah menggunakan WhatsApp CRM untuk terhubung dengan pelanggan mereka. Ada banyak solusi WhatsApp CRM di luar sana, seperti Kommo, Hubspot, Zoho, dan lain-lain.

Tiap CRM datang dengan fiturnya masing-masing, dan memilih solusi yang tepat adalah hal penting bagi tiap bisnis. Jika Anda mencari solusi WhatsApp CRM yang andal dan efektif, Kommo merupakan salah satu pilihan yang tepat!

Beberapa manfaat dari WhatsApp CRM Kommo bagi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Mengambil lead baru secara instan
  • Mengumpulkan lead dari semua sumber dalam satu aplikasi
  • Mengatur lead masuk dalam suatu pipeline
  • Membuat audiens dan menjadwalkan kampanye pesan massal yang dipersonalisasi
  • Meluncurkan kampanye retargeting
  • Mengotomatisasi funnel pemasaran dengan chatbot WhatsApp

Menyiapkan informasi kunci

Untuk mengatur WhatsApp chatbot menggunakan Kommo, pastikan Anda telah menyiapkan informasi berikut:

  • Detail bisnis seperti nama tampilan, nama legal, dan alamat
  • Halaman Bisnis Facebook
  • Nomor telepon baru

Tak lupa, Anda perlu berlangganan Kommo. Setelah itu, pada akun Kommo Anda, lakukan langkah-langkah berkut:

  • Pengaturan > Alat Komunikasi > Pasang Integrasi WhatsApp Business API
  • Klik Lanjutkan dengan Facebook
  • Buat atau Pilih Akun Bisnis Meta Anda
  • Buat atau Pilih Akun Bisnis WhatsApp dan Profil Bisnis
  • Tambahkan detail bisnis yang diperlukan
  • Verifikasi nomor telepon Anda untuk WhatsApp melalui Pesan Teks atau Panggilan Telepon

Menyiapkan nomor telepon

Untuk membangun akun WhatsApp Business API, nomor telepon Anda harus memenuhi persyaratan tertentu. Perhatikan persyaratannya sebagai berikut:

  • Memiliki nomor telepon yang valid dan belum pernah digunakan sebelumnya pada akun WhatsApp mana pun
  • Memiliki kode negara dan wilayah
  • Nomor telepon harus mampu menerima panggilan suara atau SMS

Apakah nomor telepon yang sudah terdaftar di WhatsApp regular atau WhatsApp Bisnis bisa digunakan untuk WhatsApp Bisnis API? Jawabannya tidak. Anda perlu menonaktifkan akun tersebut dan menghapusnya secara permanen terlebih dahulu.

Namun demikian, lebih baik memulai menggunakan nomor baru untuk menghindari masalah seperti kehilangan data.

Verifikasi akun

Terakhir, Anda perlu melakukan verifikasi akun WhatsApp Bisnis API.

Saat akun belum diverifikasi, pengguna memiliki jumlah percakapan terbatas, yaitu 250 percakapan dalam periode 24 jam. Selain itu, nomor telepon terdaftar juga terbatas dua nomor.

Jika pengguna puas dengan batasan ini, sebenarnya tidak melakukan verifikasi akun tidak apa-apa.

Namun, jika pengguna ingin meningkatkan jumlah percakapan atau menjadi Akun Bisnis Resmi, maka lanjutkan proses verifikasi bisnis.

Setelah akun bisnis diverifikasi dan nama tampilan disetujui, pengguna dapat membuka jumlah percakapan yang tidak terbatas dan memulai percakapan dengan hingga 1.000 dalam periode 24 jam.

Artikel Terbaru

Tinggalkan komentar