Meningkatkan Konten Digital melalui Strategi Parafrase yang Efektif

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

Konten digital adalah jenis konten yang dapat ditemukan di atau disimpan dalam database online. Ini mencakup audio, , teks, ilustrasi, dan banyak lagi, tetapi kita akan berbicara tentang konten tekstual secara khusus di posting ini.

Postingan ini akan fokus pada konten digital berbasis teks seperti blog, artikel, , eBook, dan postingan media sosial, dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya. Panduan ini akan berfungsi sebagai panduan tentang cara memperbaiki dan menyempurnakan konten tersebut melalui strategi yang efektif – salah satunya adalah parafrase, yang akan banyak kita bicarakan.

Jadi, tanpa penundaan lebih lanjut, mari kita mulai!

Apa itu Parafrase?

Di bawah ini, kami akan menjelaskan apa itu parafrase dan bagaimana Anda dapat memparafrasekan konten digital.

Strategi Parafrase yang Efektif

Definisi Parafrase

Parafrase berarti mengubah suatu teks sedemikian rupa sehingga terlihat berbeda dari aslinya tetapi pada hakikatnya sama. Ada banyak keuntungan melakukan parafrase seperti yang akan kita lihat di seluruh posting ini. Tapi, untuk saat ini, langsung saja intip highlightnya:

  • Menghemat dari redundansi
  • Memberikan remake baru dari konten membosankan

Jangan khawatir! Kami akan membahas setiap poin secara mendetail seiring berjalannya waktu. Sekarang mari kita bahas tentang bagaimana Anda dapat menerapkan parafrase pada konten digital.

Bagaimana Cara Menerapkan Parafrase?

Ada tiga cara utama untuk memparafrasekan konten Anda, yaitu:

  1. Mengubah kata-kata dari konten
  2. Mengubah struktur kalimat
  3. Menggunakan alat otomatis

Dua cara pertama juga dapat dilihat sebagai teknik parafrase namun pada dasarnya keduanya tetap merupakan “cara”. Jadi kita akan membicarakannya dalam pengertian ini. Sekarang mari kita bicara tentang masing-masingnya.

Mengubah Kata-kata

Cara pertama untuk memparafrasekan konten digital adalah dengan menukar beberapa kata di dalamnya dengan alternatif yang sesuai. Cobalah untuk mengganti kata-kata sulit dengan sinonim yang lebih mudah dan mudah dipahami oleh banyak orang. Hal ini dapat meningkatkan konten digital dengan membuatnya lebih mudah dipahami oleh pembaca rata-rata.

Misalnya, kata ‘ disombobulasi ‘ berarti bingung . Yang terakhir memenuhi maknanya (kebingungan), sedangkan yang pertama mungkin tidak dipahami oleh semua orang karena merupakan kata yang sulit.

Hal lain yang biasanya ditemukan dalam konten digital adalah penggunaan kata-kata yang berhubungan dengan industri/niche secara berlebihan . Mereka juga akan menggunakan kata-kata yang panjang, sulit diucapkan, atau diadaptasi dari bahasa lain (seperti klise atau rendezvous.)

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda juga mengubah kata-kata sulit tersebut karena hal ini dapat meningkatkan keterbacaan konten.

Mengubah Struktur Kalimat

Cara kedua adalah mengubah struktur kalimat dengan menyatukan kalimat-kalimat panjang agar tetap pendek dan langsung pada sasaran. Seringkali merupakan praktik yang baik untuk tetap berpegang pada satu poin dalam sebuah kalimat. Jika Anda menemukan kalimat yang panjang dan berisi banyak hal, Anda dapat mencoba membaginya menjadi beberapa kalimat – hal ini juga akan meningkatkan daya tarik konten digital bagi pemirsa.

Saat mengubah struktur kalimat, Anda juga dapat mencari kalimat kompleks. Beberapa contoh kalimat kompleks adalah kalimat dengan titik dua, titik koma, tanda hubung, dan tanda kurung yang berlebihan.

Mari kita ambil contoh agar Anda lebih memahami:

‘Anak-anak berlari – kecuali Brody – mengetahui bahwa mereka sedang dikejar oleh Tuan Carl' dapat diparafrasekan tanpa tanda hubung sebagai “Kecuali Brody, semua orang lari dari Tuan Carl'.

Kalimat pertama dapat membingungkan bagi pembaca rata-rata, sedangkan kalimat kedua langsung pada sasaran dan menyampaikan makna secara efektif.

Cara Parafrase Alternatif (Menggunakan Alat Otomatis)

Kami memahami bahwa parafrase manual bisa jadi sulit dan memakan waktu bagi banyak orang. Jika Anda tidak ingin repot melakukan parafrase manual, Anda dapat menggunakan cara alternatif ini, yaitu memanfaatkan parafrase otomatis secara online.

Sebagian besar alat ini menggunakan algoritma berbasis untuk memilih sinonim terbaik sesuai dengan konteks teks. Sinonim ini dapat membantu Anda menyederhanakan kalimat kompleks menjadi kalimat yang lebih mudah dan mengubah struktur kalimat menjadi sederhana. Kedua cara yang telah kita bahas di atas dapat dilakukan melalui alat parafrase.

Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa alat parafrase AI mungkin memberikan hasil yang lebih baik daripada yang lain. Oleh karena itu, Anda harus selalu memilih alat terbaik dengan melihat ulasan penggunanya.

Untuk membantu Anda, kami telah menemukan alat parafrase AI yang memiliki ulasan bagus dan memberikan hasil yang akurat. Ini adalah Paraphraseonline.io. Anda dapat menggunakan yang ini untuk memparafrasekan konten Anda atau menemukan yang lebih nyaman bagi Anda.

Berikut adalah tangkapan layar alat ini yang sedang beraksi:

Strategi Parafrase yang Efektif

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu parafrase dan bagaimana Anda dapat memparafrasekan konten digital. Kami yakin Anda juga ingin mengetahui manfaat parafrase. Kami akan membahasnya di bawah.

Bagaimana Parafrase Dapat Meningkatkan Konten Anda?

Parafrase dapat menyempurnakan konten Anda dalam beberapa cara. Cara-cara tersebut dapat dilihat manfaatnya dan manfaatnya tercantum di bawah ini.

Meningkatkan Keterbacaan Konten Digital

Parafrase dapat membantu meningkatkan kohesi dan koherensi konten digital, sehingga meningkatkan keterbacaannya secara keseluruhan. Jika Anda masih asing dengan apa itu kohesi dan koherensi, mari kita pahami dulu kedua istilah ini.

Kohesi adalah integritas detail sebuah teks; seberapa baik semua titik terhubung pada tingkat kalimat?

Di sisi lain, koherensi adalah kemampuan suatu dokumen untuk memahami secara keseluruhan. Artinya memeriksa apakah kontennya ‘logis' dan menyetujui topik utama.

Ketika kedua hal ini dicapai dalam konten digital, keterbacaannya meningkat karena pembaca dapat memahami idenya dengan mudah.

Dengan kata sederhana, parafrase dapat meningkatkan alur ide Anda, dari kalimat ke kalimat dan paragraf ke paragraf.

Membawa Semacam Sentuhan Kreatif Pada Konten

Strategi Parafrase yang Efektif

Selain mengoptimalkan konten, teknik parafrase juga memungkinkan Anda menggunakan kembali konten lama dengan sudut pandang baru.

Anda dapat menemukan cara unik untuk menyampaikan ide yang sama sehingga Anda dapat menjaga kualitas tulisan Anda dan juga kuantitas yang dibutuhkan.

Ini sangat berguna bagi penulis blog/artikel yang perlu memposting setiap hari tentang niche tertentu dan bosan menulis konten baru dari awal.

Oleh karena itu, parafrase dapat menjaga konten digital tetap segar. Hal ini akan membuat penonton tetap terlibat dengan konten karena mereka akan menemukan sesuatu yang baru untuk dibaca dan tidak akan bosan.

Kesimpulan

Mempelajari cara memparafrasekan bisa menjadi hal yang baik. Apalagi jika Anda harus sering berurusan dengan konten digital. Pada postingan kali ini, kita telah membahas apa itu parafrase dan bagaimana Anda dapat melakukannya. Kami juga telah menyebutkan beberapa manfaat memparafrasekan konten digital.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak

Artikel Terbaru

Daftar isi