Ajukan Pertanyaan Disini

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Pejabat Tinggi Lainnya Meninggal Dunia dalam Kecelakaan

Ditulis oleh Sandy Riadi

Ikuti Kami di Google News

Google News Ikuti +

ac10tech.id, Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Pejabat Tinggi Lainnya Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Helikopter – Pada hari Senin, 20 Mei 2024, televisi pemerintah Iran melaporkan kabar duka bahwa helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi beserta beberapa pejabat tinggi mengalami kecelakaan tragis.

“Tidak ada tanda-tanda kehidupan di antara para penumpang helikopter tersebut,” lapor pemerintah Iran, seperti yang dilansir oleh kantor AFP.

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Helikopter

Puing-puing helikopter ditemukan oleh Organisasi Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran pada Senin pagi. Temuan ini dimungkinkan berkat bantuan drone atau kendaraan udara tak berawak (UAV) Akinci milik Turki.

Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pir Hossein Kolivand, menyatakan bahwa tim penyelamat masih harus menempuh jarak sekitar dua kilometer untuk mencapai lokasi puing-puing tersebut .

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Helikopter

Kantor berita resmi Iran, IRNA, mengkonfirmasi penemuan lokasi helikopter tersebut melalui akun mereka. Tim pencari masih menghadapi tantangan besar untuk mencapai lokasi karena kondisi cuaca yang buruk.

Menteri Pertahanan Nasional Turki juga ikut serta dalam operasi pencarian dengan mengerahkan UAV Akinci dan helikopter jenis Cougar yang dilengkapi kemampuan penglihatan malam .

Presiden Raisi dan rombongannya sebelumnya menghadiri upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran-Azerbaijan pada hari Minggu.

Kecelakaan terjadi saat helikopter mereka mencoba melakukan pendaratan darurat dalam perjalanan pulang dari acara tersebut .

Di dalam helikopter, selain Presiden Raisi, turut serta Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malik Rahmeti, dan Imam Ayatollah Ali Hashim dari provinsi Tabriz .

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Pejabat Tinggi Lainnya Meninggal Dunia

Bencana ini mendapat perhatian besar dari masyarakat . Para pemimpin dunia menyampaikan belasungkawa mereka kepada rakyat Iran.

Bantuan dari Turki menunjukkan solidaritas antarnegara dalam menghadapi tragedi ini. Operasi pencarian dan penyelamatan tetap menjadi prioritas meskipun kondisi yang menantang, menunjukkan komitmen untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mereka yang hilang dalam kecelakaan tersebut .

Kehilangan Presiden Raisi dan pejabat-pejabat tinggi lainnya dalam kecelakaan ini diperkirakan akan berdampak signifikan pada situasi politik di Iran.

Pemerintahan dan stabilitas negara kini berada di bawah tekanan besar, dengan potensi pergantian kepemimpinan yang bisa mempengaruhi kebijakan domestik dan internasional Iran .

Dengan berita ini, masyarakat Iran dan komunitas internasional berdiri bersama dalam duka dan harapan bahwa upaya pencarian yang masih berlangsung dapat memberikan penutupan bagi tragedi yang memilukan ini.

Apakah informasi ini membantu?
IyaTidak